BATAM CITY

Tinjau Arus Mudik, Menhub Evaluasi Pelabuhan Batu Ampar

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (bertopi) ditemani Gubernur Kepri Nurdi Basirun (baju putih berkacamata) berbincang dengan penumpang kapal Pelni di pelabuhan Batu Ampar, Batam, Sbtu 25/5/2019. Dok.Foto. BKIP Kemenhub.

BATAM – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi lakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait arus mudik di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Sabtu (25/5).

Budi secara langsung melihat kondisi Pelabuhan Batu Ampar serta menijau KM Doro Londo yang digunakan PT Pelni sebagai tambahan angkutan arus mudik tahun ini.

“Hari ini, kami melihat kondisi calon penumpang dari Batam menuju Belawan Medan yang akan berangkat menggunakan KM Doro Londo dari Pelabuhan Batu Ampar ini,” katanya.

Budi menegaskan bahwa ada banyak hal yang perlu dievaluasi kembali setelah melihat kondisi pelabuhan Batu Ampar.

Secara langsung dirinya meminta kepada Gubernur Kepri dan Kepala BP Batam untuk menambah kapasitas pelabuhan. Seperti tenda dari ruang tunggu ke sisi pelabuhan agar nantinya penumpang tidak perlu lagi naik bus.

“Kami akan evaluasi pelabuhan untuk kapal Pelni ini, apakah nantinya akan tetap di Pelabuhan Batu Ampar atau di Pelabuhan Sekupang,” ungkapnya.

Banyaknya usulan di Sekupang, menurut Budi juga menjadi bahan evaluasi tersendiri.

“Jika usulan benar, tentunya akan dilakukan di Sekupang. Namun dari segi draft di Pelabuhan Batu Ampar sebenarnya sudah sangat memadai,” tambahnya.

Untuk itu, Kemenhub akan merancang program perbaikan pelabuhan Pelni di Batu Ampar.

Diantaranya meminta pemerintah daerah menyediakan tenda-tenda bagi calon penumpang beserta tenaga medis.

“Saya rasa kami akan membangun terminal penumpang yang permanen. Yang terpenting adalah akan kami buat bagaimana calon penumpang yang akan berangkat ini nyaman dan aman,” tutur Budi. 

Sementara itu Gubernur Kepri Nurdin Basirun menanggapi permintaan Menhub. Ia menyampaikan akan segera menyedikan fasilitas sementara untuk pemudik.

“Kami tahu setiap tahun jumlah pemudik Batam Kepri bertambah. Tahun kemarin tidak ada tenda sekarang di tutup kontainer mereka lebih nyaman kalau di tenda udara terbuka itu juga menjadi PR pemerintah,” katanya.

Editor: Abidin

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BATAMSATU.COM merupakan portal berita terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT BATAM SATU MEDIA 2018

To Top