BATAM CITY

Terowongan Pelita Dipasang Injektor

Petugar perbaikan tampak tengah memasang injektor untuk merekatkan bagian-bagian bangunan teromwongan Pelita yang rusak./Dok.Foto:Ivan/batamsatu.com

BATAM – Perbaikan underpass atau terowongan Pelita mulai dikerjakan sejak 5 September lalu. Perbaikan tersebut dilakukan karena melihat beberapa kerusakan yeng terjadi agar tidak semakin parah dan menghawatirkan.

Saat ini perusahaan pemenang tender perbaikan tersebut tengah memetakan apa-apa saja yang menjadi kerusakan pada bangunan underpass tersebut.

Ramdan, Supervisor perbaikan Underpass mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan pemasangan injektor dengan diberikan cairan perekat untuk menguatkan bagian-bagian bangunan yang mengalami kerusakan.

“Injector yang telah dipasang ini, diberikan cairan perekat, agar beberapa bagian struktur yang telah retak bisa kembali seperti semula, dan daya tahan konstruksi terowongan ini tetap terjaga,” jelas Ramdan, Rabu (11/9/2019).

Beberapa bagian struktur yang retak tersebut, jelas Ramdan, mengakibatkan adanya beberapa titik rembesan air di jalan terowongan tersebut.

“Karena struktur banunannya retak maka mengakibatkan beberapa titik rembesan air di terowongan,” kata dia.

Ia menambahkan, dalam waktu lebih kurang seminggu sejak pelaksanaan perawatan, pemetaan bagian-bagian yang rusak tersebut sudah selesai. Sehingga proses pengerjaan dapat dilaksanakan.

“Kurang lebih selama seminggu ini kami telah memulai beberapa proses perbaikan. Kami melakukan mapping (pemetaan) kerusakan konstruksi terowongan kemudian memasangkan injektor,” paparnya.

Sebelumnya, Kasubdit Pembangunan Jalan, Jembatan dan Transportasi Massal BP Batam, Boy Zasmita telah menyampaikan bahwa, pemeliharaan terowongan Pelita tersebut bertujuan untuk me-rekondisi bangunan terowongan agar kekuatan strukturnya tetap terjaga.

Dengan demikian, usia infrastruktur terowongan dapat sesuai dengan apa yang diharapkan.

Penulis: Ivan

Editor: Abidin

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BATAMSATU.COM merupakan portal berita terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT BATAM SATU MEDIA 2018

To Top