BATAM CITY

Pemko Harus Serius Tangani Masalah PPDB

Fitri Yanti, S.Pd., M.Si., M.Pd, (baju oranye) Dekan FKIP Unrika saat berkunjung ke salah satu sekolah di Batam./Dok.Foto:FB/batamsatu.com

BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam harus lebih serius menangani masalah-masalah pendidikan dari penerapan kebijakan zonasi sekolah terhadap penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Univeraitas Riau Kepulauan (UNRIKA), Fitri Yanti, menjelaskan bahwa perlunya penanganan serius terhadap PPDB adalah agar tidak menjadi masalah tahunan.

“Pemerintah perlu lebih ekstra dalam menangani masalah ini agar tidak menjadi masalah tahunan,” jelasnya kepada batamsatu.com, Kamis (4/7/2019).

Fitri menyebutkan Pemko perlu melakukan pemetaan penduduk usia produktif serta jumlah pertumbuhan anak-anak di Kota Batam.

“Kenapa masalah PPDB sekolah selalu muncul? Mungkin ada variabel yang belum terpetakan untuk menangani masalah tersebut,” paparnya.

Sebenarnya, lanjut Fitri, pemerintah terus melakukan perbaikan sarana infrastruktur maupun jumlah tenaga pendidik di sekolah.

“Hanya saja menurut saya pemetaan terhadap kebutuhan sekolah anak-anak ini belum tuntas,” paparnya.

Ia mengemukakan, pemetaan terhadap jumlah masyarakat produktif di Batam perlu dilakukan secara kontinyu.

Kota Batam masih menjadi daya tarik bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi Kota tujuan dalam mencari pekerjaan.

“Banyak masyarakat usia produktif di Batam. Ini berdampak pada pertumbuhan jumlah anak-anak yang harus juga diperhatikan oleh pemerintah dalam penyediaan sarana pendidikan,” papar dia.

Untuk itu Fitri menyarankan agar sinergitas antara pemerintah dengan penyelenggara pendidikan swasta dapat terjalin dengan baik.

“Kan kita banyak memiliki sekolah swasta. Itu mungkin dapat menjadi solusi alternatif bagi pelaksanaan zonasi,” pungkasnya.

Penulis: SA

Editor: Abidin

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BATAMSATU.COM merupakan portal berita terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT BATAM SATU MEDIA 2018

To Top