BATAM CITY

Pemanfaatan Blockchain Dapat Tingkatkan Investasi di Batam

Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady memberikan keterangan terkait pemanfaatan blockchain kepada awak media di Aston Hotel Batam, Selasa (20/8/2019).Dok.Foto:Ivan/Batamsatu.com

BATAM – Pemerintah Kota (Pemkot) Batam dan Badan Pengusahaan (BP) Batam terus melakukan upaya dalam mewujudkan Batam menjadi Smart City. Kali ini, pertamakalinya Batam menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi Blockchain bertaraf internasional.

Acara konferensi bertema “BlockBatam 2019 Creating The Blockchain Capital of South East Asia” menghadirkan 18 pakar senior dari berbagai negara. Mereka memprentasikan keahlian dan tip insider milik masing-masing.

Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady menjelaskan bahwa, terpilihnya Batam sebagai penyelenggara Blockchain kali ini tidak terlepas dari keunggulan Kota Batam yang sejak dulu telah memulai sistem ICT base.

“Data centre atau pusat data yang dimiliki Batam merupakan 1 dari 3 yang terbaik di Indonesia, dan sudah mendapat pengakuan regional dari Singapura dan negara-negara lain,” jelas dia usai menyampaikan materi konferensi di Aston Hotel Batam, Selasa (20/8/2019) pagi.

Blockchain ini, lanjut Edy, merupakan sistem crypto yang dapat membuat simplifikasi, menghilangkan call center, memberikan kepastian usaha serta transparansi transaksi elektronik.

“Sederhananya, sistem crypto ini membuat simplifikasi, menghilangkan call center, memberikan kepastian usaha, transparansi, dan yang paling penting cost-nya murah,” papar Edy.

Selain itu, Edy meyakini bahwa pemanfaatan Blockchain serta di tunjang dengan infrastruktur yang memadai dapat meningkatkan investasi di Kota Batam.

“Dengan adanya blockchain, segala perjanjian transaksi internasional yang melewati Batam, tinggal menggunakan blockchain, tidak perlu melakukan perundingan yang panjang. Pengusaha mencari pembeli, pembeli mencari penjual cukup melalui blockchain,” ucapnya

Di tempat yang sama, Staff Ahli Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Edi Prio Pambudi menolak bahwa Blockchain diartikan masyarakat sebagai bitcoin.

“Selama ini orang taunya blockchain adalah bitcoin. Jadi blockchain itu sama seperti internet pada saat pertama kali muncul di tahun 1995 dulu,” tuturnya.

Ia menegaskan, salah satu pemanfaatan teknologi blockchain dapat digunakan untuk kesehatan. “dClinic adalah salah satu investor yang membawa teknologi blockchain itu dalam hal kesehatan melalui event blockchain di Batam kali ini,” katanya mencontohkan.

“Sampai saat ini di Indonesia belum ada yang menerapkan teknologi tersebut di bidang kesehatan. Masuknya dClinic di Batam merupakan kelanjutan setelah sebelumnya Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam menawarkan fasilitas kerja sama,” ujarnya.

Untuk pemanfaatan teknologi blockchain di bidang kesehatan, nantinya segala informasi catatan kesehatan akan terdistribusi serta menjadi bagian dari proses otomasi dalam manajemen rumah sakit.

Sementara terkait regulasi sistem pembayaran, Prio menjelaskan bahwa dalam konteks Blockchain, pemerintah tidak mengarahkan untuk menjual bitcoin. Menurut dia era cryptocurrency saat ini bukan lagi sebagai alat tukar. Melainkan sebagai tempat untuk menyimpan nilai dan bagian dari investasi.

“Jadi nanti transaksinya bukan menggunakan pola bitcoin. Yang dibuat koin oleh dClinic disini adalah the store of value atau menyimpan nilai,” imbuhnya.

Prio kembali menegaskan jika regulasi pemanfaatan blockchain akan menyusul. Alasannya bahwa regulasi itu belakangan dibanding bisnisnya.

“Kalau bisnis itu sudah berkembang, kemudian sudah mulai banyak membawa manfaat untuk masyarakat, nanti regulasi itu sifatnya memfasilitasi. Jadi ini bukanlah sarana untuk kemudian untuk menjembatani atau menjadi wadah untuk spekulasi,” pungkas Prio.

Acara konferensi blockchain ini di inisiasi oleh Blackarrow dan Indodax dengan tujuan mempertemukan para pakar dan pengguna teknologi blockchain global dengan para pebisnis yang ada di Indonesia. Konferensi blockchain di Batam ini merupakan ketiga kalinya di Indonesia setelah sebelumnya diadakan di Jakarta dan di Bali.

Penulis: Ivan
Editor: Abidin

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BATAMSATU.COM merupakan portal berita terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT BATAM SATU MEDIA 2018

To Top