HUKUM

Mustofa Nara Ditangkap, BPN Siapkan Pembelaan

Mustofa Narawardaya./Dok. Fot:IG

JAKARTA – Bareskim Polri menetapkan Mustofa Nahrawardaya sebagai tersangka pidana kasus ujaran kebencian melalui media Twitter.

Mustofa ditangkap sekitar pukul 03.00 dini hari di kediamannya, kawasan Pejaten, Jakarta Selatan.

Dari sumber yang dihimpun batamsatu.com, surat perintah penangkapan Mustafa dengan nomor SP.Kap/61 N/2019/Dittipidsiber menurut pihak Kepolisian adalah untuk memudahkan penyidikan.

“Surat penangkapan ini berlaku sejak 26 sampai 27 Mei 2019,” jelas Kombes Ricynaldo Chairul, Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskim Polri, Minggu, (26/5/2019).

Diketahui Mustofa dilaporkan oleh seseorang terkait cuitan Twitternya mengenai tewasnya seorang remaja, Harun, dalam kerusuhan Aksi 21-22 Mei. Laporan itu tertuang dalam LP/B/0507/V/2019/Bareskrim tanggal 25 Mei 2019.

Mustofa menulis bahwa Harun adalah pria yang dipukuli oknum polisi di Kampung Bali, Jakarta Pusat. Kendati kemudian unggahan ini diralat.

Saat ini Mustofa disangka melanggar Pasal 45A ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan atau Pasal 14 ayat (1) dan (2) dan atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana yang diketahui terjadi pada 24 Mei 2019 di Jakarta Selatan.

Sementara itu, juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo – Sandi, Andre Rosiade mengatakan BPN akan siapkan pendmpingan untuk Musrofa.

“BPN akan menyiapkan pendampingan untuk Pak Tofa,” katanya seperti dikutip dari Tempo.

Ia sendiri belum dapat memastikan kapan Tim Advokasi BPN akan bergerak untuk anggota BPN itu.

Bantuan hukum ini, katanya akan bergerak sesegera mungkin. Namun ia belum dapat pastikan kapan Tim Advokasi BPN untuk Mustofa akan bergerak.

“Kami merasa hukum terindikasi tajam ke pendukung Pak Prabowo, tapi tumpul ke pendukung Pak Jokowi,” ujarnya.

Andre juga mengatakan penangkapan pada pukul 03.00 di kediaman Mustofa itu mengejutkan.

Ia berdalih jika masyarakat dengan tendensi dukungan pada Jokowi mencuit dengan nada serupa, tak ada langkah hukum yang dilakukan aparat.

Andre lantas mencontohkan cuitan dari penyanyi Glenn Fredly yang dinilainya bermasalah tapi tak ada tindakan hukum dari kepolisian.

Editor: Abidin

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BATAMSATU.COM merupakan portal berita terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT BATAM SATU MEDIA 2018

To Top