BATAM CITY

Kementerian LHK Setujui Limbah B3 Batam Dibuang Ke Luar

Ilustrasi limbah bahan berbahaya dan beracun (B3)./Dok.Foto: Kementerian LHK

BATAM – Masalah distribusi pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) industri ke luar Batam mulai temukan titik terang. Badan Pengusahaan (BP) Batam melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam menyelesaikan masalah limbah B3.

Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Budi Santoso menyebut BP Batam lakukan rapat koordinasi bersama KPU Bea Cukai Batam, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Batam maupun Kementerian LHK.

“Berkenaan dengan tertahannya pengiriman limbah B3 keluar Batam yang mengakibatkan tertumpuknya limbah, BP Batam terus berkoordinasi dan mengikuti rapat dengan instansi terkait hingga menuai hasil positif,” katanya, Selasa (28/5/2019).

Ia menuturkan rapat koordinasi lintas instansi tersebut telah dilaksanakan sebanyak dua kali pada bulan Mei di Jakarta. Sementara wewenang untuk pengeluaran izin yang meliputi pengolahan, pengangkutan dan pengumpulan limbah ada pada Kementerian LHK.

“Rapat pertama kementerian LHK telah menyetujui penyampaian surat kepada KPU Bea Cukai Batam soal tata kelola pengiriman limbah B3. Namun masih terdapat pertanyaan dari pihak Bea Cukai perihal label, simbol dan pengemasan limbah B3 tersebut,” ujarnya.

Budi Santoso melanjutkan pada rapat kedua Bea Cukai meminta tindak lanjut mengenau tanggungjawab pelekatan label, simbol dan pengemasan.

“Kementerian LHK telah menyampaikan surat ke Bea Cukai Batam tentang penanggungjawab pelekatan label tersebut yaitu industri penghasil limbah,” jelas Budi.

“Selanjutnya untuk berlangsungnya kembali pengiriman limbah maka akan segera dilaksanakan koordinasi antara DLHK Batam dengan KPU Bea Cukai Batam,” lanjutnya.

Dengan adanya keputusan ini, lanjut Budi,  usaha untuk meminimalisir dampak pencemaran lingkungan dapat lebih terjamin.

“Kami berharap pengiriman limbah B3 sesuai ketentuan yang berlaku dapat berjalan dengan baik sebagai bagian dari kepastian berusaha dan berinvestasi di Batam,” harapnya.

Menurutnya, BP Batam mendukung penuh dilaksanakan kembali pengiriman limbah sesuai tata kelola yang dipersyaratkan.

Seperti pemberlakuan manifest elektronik atau e-manifest dalam pengiriman limbah B3 sebagai upaya transparansi.

Pihaknya juga menghimbau agar para pengelola B3 mengikuti tata kelola yang ditentukan agar dapat berjalan dengan baik.

Editor: Abidin

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BATAMSATU.COM merupakan portal berita terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT BATAM SATU MEDIA 2018

To Top