BATAM CITY

Ruas Jalan Batam yang Terendam Banjir Segera Diperbaiki

Ilustrasi banjir./Dok. Foto: Ist

BATAM – Kementerian Pembngunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) rencanakan perbaikan enam ruas jalan di Batam. Keenam jalan yang proyeksi pembangunannnya mulai digarap tahun ini karena sering terendam banjir.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah 1 Provinsi Kepri, Endry Z Djamal.

Tahun ini, kita akan memperbaiki kurang lebih enam ruas jalan yang sering terendam banjir,” kata Endry kepada awak media di ruang marketing BP Batam, Senin (27/5/2019).

Kementerian PUPR melalui Satker PJN Wilayah 1 Provinsi Kepri akan melakukan penanganan drainase dan bangunan pelengkap jalan sepanjang 1.050 meter.

Mulai rekonstruksi jalan Simpang Jam – Sei Harapan (Depan SPBU Tiban Ayu) 100 meter dan Simpang Kabil – Simpang Punggur (Depan Perumahan Simpang Raya Indah) 300 meter.

Kemudian jalan Batu Aji – Tanjung Uncang (Kawasan Industri Tj. Uncang) 300 meter dan Tembesi – Batu Aji (Simpang Basecamp/Batu Aji) 100 meter. Lalu jalan Tembesi – Batu Aji (Pasar Melayu Batu Aji) 150 meter dan Tembesi – Batu Aji (MKGR dan Simpang Plaza) 100 meter.

Penanganan ini dilakukan untuk membuat aliran di lokasi tergenang bisa surut dengan cepat,” ujarnya.

Kendati demikian, Endry menyampaikan bahwa, Kementerian PUPR hanya menangani perbaikan untuk jalan nasional. Sementara perbaikan di luar jalan nasional dapat dilakukan oleh dinas terkait di daerah.

“Kami hanya membatasi perbaikan sebatas jalan nasional. Kalau sudah keluar dari jalan nasional, kami mohon bantuan dari Dinas PUPR kota untuk menangani lebih lanjut,” tegasnya.

Selain penanganan drainase jalan, Satker PJN Wilayah 1 Provinsi Kepri juga melakukan proyek pemeliharaan rutin jalan dan jembatan.

Total anggaran yang dialokasikan oleh Kementerian PUPR untuk pengerjaan proyek ini sebesar Rp 43 miliar.

Penulis: Shafix

Editor: Abidin

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BATAMSATU.COM merupakan portal berita terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT BATAM SATU MEDIA 2018

To Top