NEWS

Indonesia Kecam Oxford Atas Penghargaan Kepada Tokoh Separatis Papua

Benny Wenda./Dok.Foto:Ist/batamsatu.com

JAKARTA – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI mengecam kebijakan Dewan Kota Oxford, Inggris yang memberikan penghargaan kepada tokoh kriminal dan separatis Papua, Benny Wenda.

Kecaman ini disampaikan oleh pemerintah melalui keterangan tertulis di situs resmi Kemenlu pada, Kamis (18/7/2019) kemarin.

“Indonesia mengecam keras pemberian award oleh Dewan Kota Oxford kepada seseorang bernama Benny Wenda, pegiat separatisme Papua yang memiliki rekam jejak kriminal di Papua,” tulis Kemenlu.

Dewan Kota Oxford dinilai tak memahami rekam jejak Benny Wenda yang terlibat dalam permasalahan separatisme di Papua.

Kendati demikian Pemerintah RI yakin pengharhaan Dewan Kota Oxford tidak ada kaitannya dengan sikap pemerintah Inggris sendiri terhadap Indonesia.

Sebaliknya, pemerintah justru meyakini bahwa Inggris mendukung penuh pemerintahan Indonesia dalam menjaga kedaulatan negaranya.

“Indonesia menghargai sikap tegas Pemerintah Inggris yang konsisten dalam mendukung penuh kedaulatan dan integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia dan karenanya sikap Dewan Kota Oxford tidak punya makna apapun,” tulis Kemenlu lagi.

Keterangan tertulis Kemenlu juga menegaskan bahwa Indonesia tidak pernah mundur dalam melawan gerakan separatisme yang mengancam kedaulatan negara.

“Posisi Indonesia terhadap kelompok separatisme akan tetap tegas. Indonesia tidak akan mundur satu inci pun untuk tegakkan NKRI.”

Editor: Abidin

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BATAMSATU.COM merupakan portal berita terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT BATAM SATU MEDIA 2018

To Top