BATAM CITY

Dosen UPB Latih Pelaku UKM Buat E-Commerce Untuk Kembangkan Usaha

Yuli Siyamto, M. Kom (kiri) pose bersama Yogi Wiratama pemilik toko olahraga JJB Sport, Tanjung Piayu, usai lakukan pelatihan pembuatan E-Commerce beberapa waktu yang lalu./Dok.Foto:Yuli/batamsatu.compose bersama di

BATAM – Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Batam mendapat perhatian dari kalangan akademisi. Bentuk perhatian itu adalah dengan melatih pelaku UKM dalam pemanfaatan e-commerce atau toko online untuk pengembangan usahanya.

Yuli Siyamto, dosen Program Studi Sistem Informasi Universitas Putera Batam ini memberikan pelatihan kepada pelaku UKM mengenai strategi dalam membangun branding bisnis di dunia digital melalui e-commerce.

Menurut Yuli, wawasan dan pengetahuan soal branding bisnis dalam dunia digital sangat penting untuk dimiliki oleh para pelaku UKM agar mereka tidak kalah dengan pelaku-pelaku usaha yang sudah mapan.

“Dunia digital terus berkembang. Dan selama ini kebanyakan para pelaku UKM hanya memanfaatkan sosial media sebagai media promosi dan pemasaran,” tuturnya kepada batamsatu.com, Senin (12/8/2019).

Padahal, lanjut dia, banyak yang bisa dimanfaatkan dari dunia digital untuk memperluas pangsa pasar. Salah satunya adalah dengan memiliki e-commerce atau toko online ini.

Misalnya seperti pelatihan yang ia terapkan pada pelaku UKM toko olahraga di daerah Tanjung Piayu ini. Yuli melatih pemilik toko tersebut mulai dari pembuatan hingga pengelolaan e-commerce.

“Pemanfaatkan sosial media tetap perlu sebagai penunjang pemasaran. Nah sekarang kita latik temen-temen pelaku UKM untuk menambah alat pemasarannya pakai e-commerce,” jelasnya.

Sementara itu Yogi Wiratama pelaku UKM toko olahraga ini mengaku senang karena mendapat ilmu baru dalam pemanfaatan dunia digital.

“Pastinya saya senang dan berterimakasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat,” ujar Yogi.

Selama 8 tahun memiliki usaha tersebut, Yogi hanya memanfaatkan sosial media saja untuk menunjang pemasaran usahanya.

Dengan adanya pelatihan seperti ini, Yogi berharap dapat membantu UKM dalam memperluas pangsa pasar sehingga dapat berimbas pada peningkatan pendapatan.

“Semoga saya dapat menggunakan e-commerce dengan baik untuk memajukan usaha saya,” pungkas Yogi.

Penulis: SA

Editor: Abidin

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BATAMSATU.COM merupakan portal berita terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT BATAM SATU MEDIA 2018

To Top