BATAM CITY

Dosen UPB Ajari Pelaku UKM Tingkatkan Popularitas Website Bisnis

Saut Pintubipar Saragih pose bersama pelaku UKM usai beli pelatihan peningkatan popularitas website bisnis./Dok.Foto:SPS/batasmsatu.com

BATAM – Memiliki sebuah website di era digital saat ini menjadi suatu keniscayaan bagi pengusaha besar maupun pengusaha kecil dan menengah. Membuat website bagi sebagian orang adalah hal yang gampang. Tapi lain hal jika bicara peningkatan popularitas dari sebuah website itu sendiri.

Di era digital ini sudah sangat banyak pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang memanfaatkan website untuk menunjang usahanya. Namun demikian, pengetahuan soal pengelolaan website yang masih terbatas ternyata menjadi hambatan bagi pelaku UKM dalam memasarkan produknya.

Dan tentunya keterbatasan itu akan berimbas pada pendapatan atau pemasukan perusahaan.

Banyaknya pelaku UKM yang masih minim pengetahuan dalam pengelolaan website ini membuat akademisi dari Universitas Putera Batam lakukan pendampingan teknik meningkatkan popularitas website.

Saut Pintubipar Saragih, seorang dosen program studi Sistem Informasi UPB ini mengenalkan kepada pelaku UKM tentang teknik Search Engine Optimization (SEO).

“SEO ini merupakan sebuah cara yang digunakan oleh pengelola website untuk meningkatkan jumlah kunjungan kepada sebuah website. Jumlah kunjungan ke website inilah nanti yang dapat dikatakan sebagai keberhasilan pemasaran, promosi maupun penjualan produk perusahaan terkait,” jelasnya kepada batamsatu.com, Selasa (13/8/2019).

Pria yang akrab di sapa Pipin itu lantas mencontohkan pada UKM Barelang Jaya Teralis yang telah memiliki domain website aktif yaitu www.teralisbatam.com. Namun website tersebut belum terdaftar pada fitur pada mesin pemeringkat (rating/index) website di mesin pencari seperti google webmaster, google search dan google analytics.

Pipin beserta timnya lantas memberikan pelatihan secara berkelanjutan pada pengelola website (administrator) baik secara teori maupun praktik langsung. Pasalnya administrator website inilah yang paling penting dalam implementasi teknik SEO tersebut.

“Kami melatih mereka bagaimana teknik menggunakan aplikasi yoast seo,” jelas dia.

Ia melanjutkan, yoast seo merupakan alat yang terpasang di platform pembuat website. Misalnya seperti wordpress, pemilihan kata kunci pada halaman web, teknik optimasi penggunaan tag pada html, penggunaan link (internal link dan eksternal link) pada konten website.

“Termasuk juga penggunaan link sharing melalui social media, google analytics, google search, google ads dan optimasi konten pada website yang harus terus diperbaharui,” paparnya menjelaskan.

Terkait hasil penggunaan teknik yoast seo sendiri, Pipin mengaku tidak bisa di lihat secara singkat. Menurutnya untuk melihat hasil tersebut perlu melihat respon dari user yang membutuhkan produk yang dimiliki UKM.

“Memang kalau singkat belum kelihatan. Karena ini adalah UKM pembuatan teralis, Jadi tentu perlu waktu untuk mendapat respon dari user atau konsumen yang membutuhkan jasa pembuatan teralis,” pungkasnya.

Penulis: SA

Editor: Abidin

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BATAMSATU.COM merupakan portal berita terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT BATAM SATU MEDIA 2018

To Top