BATAM CITY

Dewan Usulkan Kampung Tua Jadi Obyek Wisata

Suasana pembahasan raperda penatan dan pelestarian kampung tua di DPRD Kota Batam, selasa (2/7/2019)./Do.Foto: Shafix/Batamsatu.com

BATAM – Dewan Kota Batam wacana pembentukan Kampung Tua sebagai obyek wisata baru. Wacana tersebut muncul sebagai langkah pemerintah dalam upaya melestarikan budaya dan adat istiadat setempat.

Usulan ini muncul saat Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Batam membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait penataan dan pelestarian Kampung Tua, Selasa (2/7/2019).

Ketua Pansus, Ruslan Ali Wasyim, mengemukakan bahwa pembentukan Kampung Tua sebagai tempat wisata dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Masyarakat setempat bisa diberdayakan. Itu artinya ekonomi kerakyatan berjalan, tinggal bagaimana mengemasnya,” katanya.

Dengan demikian, lanjutnya, obyek-obyek wisata budaya baru yang ada dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan pendapatan daerah.

“Kalau bisa berjalan dengan baik tentunya akan berdampak kepada peningkatan pendapatan daerah,” jelas Ruslan.

Terkait penataan, Ruslan menjabarkan agar dilakukan seleksi pada setiap Kampung Tua. Dan apabila memenuhi kriteria maka kampong tertentu masuk sebagai salah satu tujuan objek wisata.

“Nantinya akan dimasukan rangkaian program wisata sehingga wisatawan lokal maupun manca negara yang berkunjung menjadi satu tujuan kunjungan yang wajib,” paparnya.

Ruslan menegaskan, legalitas lahan Kampung Tua ini punya nilai ekonomis tinggi yang artinya dapat diberdayakan.

“Tak kalah penting lagi adalah kewajiban pemerintah kota dalam rangka keberlangsungan Kampung Tua yaitu peningkatan infrasruktur, pelestarian budaya dan adat istiadat juga ada disitu,” tegasnya.

Raperda penataan dan pelestarian Kampung Tua ini sejatinya membahas soal legalitas lahan yang juga sempat diwacanakan oleh pemerintah pusat.

Bahkan pada Jumat (21/6) yang lalu Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI, Sofyan Djalil, saat bertemu dengan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di Balai Kota telah membahas mengenai pemberian sertifikat hak milik (SHM) bagi warga yang tinggal di 37 Kampung Tua di Batam.

Penulis: SA

Editor: Abidin

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BATAMSATU.COM merupakan portal berita terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT BATAM SATU MEDIA 2018

To Top