BATAM CITY

Catatan Prestasi Kejari Batam Sejak 2018

Kajari Batam, Dedie Tri Hariyadi bacakan prestasi kinerja Kejaksaan Negeri Batam saat konferensi pers di kantor Kejaksaan, Senin (22/7/2019)./DOk.Foto: Ivan/batamsatu.com

BATAM – Kejaksaan Negeri Batam merayakan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-59 dengan melakukan upacara dan ziarah ke taman makan pahlawan Bulan Gebang serta ramah tamah di Kantor Kejari Batam, Senin (22/7/2019).

Dalam perayaan hari Bhakti Adhaksa ke-59 ini, Kejari Batam mencatatkan sederat prestasi kinerja sejak tahun 2018 hingga bulan Juli 2019.

Kepala Kejari Batam, Dedie Tri Hariyadi mengungkapkan sejumlah prestasi kinerja Kejaksaan Negeri Batam dari beberapa bidang yang ada.

“Untuk bidang tindak pidana umum, kita telah melaksanakan pemusnahan barang bukti narkotika dan barang bukti lainnya terhadap perkara yang telah berkekuatan hukum tetap,” ujar Dedie kepada wartawan di Kantor Kejaksaan Negeri Batam, Senin (22/7/2019).

Dedie mengatakan, pihaknya sebagai Jaksa Eksekutor juga telah melaksanakan penenggelaman kapal ikan asing yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

“Bulan oktober 2018 kami telah melakukan penuntutan terhadap perkara kasus narkoba seberat 1,03 ton dan 1,6 ton. Semua kita tuntut mati, untuk prosesnya (perkara) masih kasasi di Mahkamah Agung,” jelasnya.

Kejari Batam lanjut Dedie juga telah berhasil mengamankan 5 DPO (Daftar Pencarian Orang) dalam kurun waktu November 2018 hingga Juli 2019.

“Kita telah mengamankan 5 DPO, terakhir kita amankan DPO yang sudah melarikan diri selama 6 tahun,” ujarnya.

Dedie juga menjelaskan prestasi di bidang tindak pidana khusus yakni tindak pidana korupsi dan tindak pidana khusus lainnya.

“Dari tindak pidana korupsi, telah mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 426.360.000 dalam perkara Abdul Somad. Telah mengembalikan uang ke orang tua murid sebesar Rp 473.930.000 dalam perkara saber pungli SMP Negeri 10 Batam,” terangnya.

Kemudian untuk tindak pidana khusus lainnya, telah mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 250.000.000.

Sementara itu untuk prestasi bidang Intelijen, Dedie mengatakan bahwa Kejaksaan Negeri Batam telah melaksanakan operasi intelijen sebanyak 5 kegiatan.

“Melaksanakan program JMS(Jaksa Masuk Sekolah) tahun anggaran 2019 sebanyak 2 kegiatan, melaksanakan Penkum dan Luhkum sebanyak 2 kegiatan, dan melaksanakan kegiatan TP4D sebanyak 19 kegiatan,” ujar Dedie.

Untuk prestasi di bidang perdata dan tata usaha negara, Kejaksaan Negeri Batam lanjut Dedie telah melaksanakan bantuan hukum Litigasi, Non Litigasi dan TUN, mengeluarkan Pertimbangan Hukum legal assistance dan Legal Opinion.

Kemudian melaksanakan pelayanan hukum gratis sebanyak 7 kegiatan, MoU atau kesepakatan bersama sebanyak 1 kegiatan.

“Pelayanan hukum gratis ini kita buka di Mall Pelayanan Hukum, dan bisa dimanfaatkan oleh warga Batam seandainya ada yang ingin menananyakan terkait bidang perdata dan tata usaha negara,” terangnya.

Sementara itu prestasi di bidang pengelolaan barang bukti dan barang rampasan(PB3R), Dedie menjelaskan bahwa pihaknya telah melaksanakan layanan pengiriman barang bukti gratis yang dikembalikan kepada pemiliknya melalui nomor telepon dan whatsapp 08992085293.

“Apabila dari pihak saksi atau korban keberatan untuk mengambil barang bukti yang ada di kami, silahkan hubungi nomor tersebut dan kami antar sampai ditempat, ini gratis,” terangnya.

Selanjutnya penemuan barang bukti yang dikembalikan ke pemiliknya namun tidak diambil dan telah dipanggil secara patut serta telah diumumkan di media cetak nasional, namun tidak juga diambil sehingga ditetapkan sebagai barang temuan negara dengan jumlah 100 unit kendaraan roda 2 dan 1 unit kendaraan roda empat.

“Sudah kita umumkan melalui media, seandainya masyarakat Batam yang melihat ada kendaraan miliknya, silahkan datang ke sini (Kejari Batam) dengan menunjukkan bukti-bukti kepemilikan yang sah berupa STNK dan BPKB dan kita akan kembalikan,” pungkasnya.

Artikel ini telah terbit di https://swarakepri.com/hari-bhakti-adhyaksa-ke-59-ini-sederet-prestasi-kejari-batam/
Editor: Abidin

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BATAMSATU.COM merupakan portal berita terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT BATAM SATU MEDIA 2018

To Top