BATAM CITY

BP Batam Adakan Bimtek SP4N-LAPOR Versi 3.0

Kabiro PMK BP Batam Memet E Rachmat mendampingi narasumber Bimtek./Dok.Foto: Humas BP Batam/batamsatu.com

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam  adakan bimbingan teknis pengelolaan pengaduan pelayanan publik di lingkungan BP Batam.

Acara ini diadakan berkaitan dengan Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR).

Tujuan bimtek sendiri adalah mereaktualisasi aplikasi LAPOR dalam upaya integrasi dan koordinasi pengelolaan pengaduan pelayanan publik melalui LAPOR.

Kepala Biro Pengembangan Manajemen Kinerja (PMK) Memet E. Rachmat mengatakan BP Batam saat ini telah terintegrasi secara nasional dalam sistem laporan pengaduan yang dikelola oleh Kementerian PANRB.

“Saat ini terus dikembangkan pengaduan sistem online namun sistem ini telah diupgrade dari Kementerian PANRB. Mari kita belajar menerapkan versi terbaru ini,” ucapnya saat membuka acara bimtek di Conference Hall IT Centre BP Batam, Batam, Kamis (27/6/2019).

Penyelenggara pelayanan publik, lanjut Memet, wajib memberikan pelayanan berkualitas agar masyarakat mudah mengakses informasi standar pelayanan serta pengaduan pelayanan publik.

Ia berharap aplikasi ini bisa menjawab perkembangan dan kebutuhan berbagai stakeholder, terutama memberikan kepuasan yang optimal kepada masyarakat.

“Satu sisi masyarakat juga punya hak untuk mendapatkan pelayanan, UU 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik diwajibkan setiap instansi untuk menyiapkan sarana penyampaian pengaduan dan pengelolaan pengaduan,” ujarnya.

Sementara itu Asisten Deputi Bidang Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Muhammad Imanuddin, menjelaskan pengaduan adalah bentuk tanggung jawab masyarakat untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Tanpa pengaduan kita tidak pernah tahu apakah pekerjaan kita diterima atau tidak, benar atau tidak di masyarakat,” jelasnya disela penyampaian materi bimtek.

Menurutnya pengaduan dari masyarakat sangat diperlukan sehingga pemerintah dapat meningkatkan kualitas pelayanan secara maksimal dan lebih baik.

Versi 3.0 ini memiliki desain lebih milenial serta fiturnya lebih jelas dan lebih lengkap. Data statistik lebih mudah dibaca.

“Ini menjadi acuan pimpinan terhadap pengaduan apa yang paling banyak diadukan dan trendingnya seperti apa itu ada dalam versi ini,” pungkasnya.

Masyarakat dapat mengakses situs web site LAPOR di www.lapor@menpan.go.id atau media sosial:@lapor1708

Editor: Abidin

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BATAMSATU.COM merupakan portal berita terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT BATAM SATU MEDIA 2018

To Top