NEWS

BJ Habibie Wafat

BJ Habibie, presiden RI ke 3./dok.foto:istimewa/batamsatu.com

JAKARTA – Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019) tepat pukul 18.05 WIB. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal pada usia 83 tahun.

Kabar meninggalnya BJ Habibie ini disampaikan Thareq Kemal, putra BJ Habibie kepada awak media di Jakarta.

“Bapak sudah tidak ada pada pukul 18.05 WIB,” ujar Thareq, seperti dukutip dari cnnindonesia.com

Rusli Habibie, Gubernur Gotontalo yang juga kepobakan Habibie mengatakan, sebelum meninggal seluruh keluarga dekat berkumpul di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

“Baik Mas Ilham, Mas Thareq sudah ada. Kakak dan adiknya sudah lengkap. Keponakan dan anak cucu sudah dikumpulin tadi,” ucapanya seperti dikutip dari kompas.com.

Selain keluarga, Presiden RI Joko Widodo juga telah menyampaikan pernyataan resmi tentang meninggalnya BJ Habibie.

“Innalillahi Wainna Ilaihi Raajiun. Saya atas nama seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah menyampaikan duka yang mendalam, belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya kerahmatullah bapak BJ Habibie,” ucap presiden ditemanai Ibu Negara dan Gibran.

Sebelum meninggal, Presiden RI ketiga ini menjalani perawaran intensif di ruang Cerebro Intensive Care Unit (CICU) Paviliun Kartika RSPAD sejak 1 September 2019. 

Sejumlah tokoh bangsa dan pemimpin negara telah menjenguk Habibie di rumah sakit. Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjenguk Habibie pada Senin (9/9). 

Selain itu, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono juga telah menjenguk Habibie di rumah sakit. Tokoh lainnya, anggota Dewan Pertimbangan Presiden Subagyo Hadi Siswoyo, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Moeloek dan mantan menteri era Soeharto, Theo Sambuaga juga ikut menjenguk.

Habibie meninggalkan dua orang anak, yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Sementara istrinya, Hasri Ainun Besari telah meninggal dunia pada 2010 di Jerman.

Editor: Abidin

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BATAMSATU.COM merupakan portal berita terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT BATAM SATU MEDIA 2018

To Top