BATAM CITY

BI Kepri Siapkan Rp 4,5 T Pecahan Uang Baru

BATAM – Bank Indonesia kantor perwakilan Kepulauan Riau (BI Kepri) siapkan Rp 4,5 triliun pecahan uang baru untuk musim lebaran Idul Fitri 1440 H. Jumlah ini meningkat sebanyak Rp 3 triliun dibanding tahun sebelumnya.

Kepala BI Kepri, Fadjar Majardi menyampaikan bahwa tahun ini kebutuhan penukaran pecahan uang baru mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Alasannya adalah kondisi ekonomi serta konsumsi masyarakat mulai naik.

“Peningkatannya cukup tinggi. Terkait juga dengan perekonomian yang sudah mulai naik. Konsumsi masyarakat juga sudah membaik,” katanya di SP Plaza Sagulung, Sabtu (18/5/2019).

Fadjar mengatakan prediksi penyerapan uang baru ini berkisar 85-90 persen. Seperti tahun lalu yang terealisasi Rp 2,7 triliun.

Berbagai kanal disiapkan bagi warga yang ingin menukarkan uang pecahan kecil. Di antaranya kas keliling bersama antara BI Kepri dengan perbankan.

“Pada kas keliling bersama ini, BI bekerjasama dengan 11 bank. Hari ini kita adakan di dua lokasi. SP Plaza dan Tiban Centre Sekupang,” ujarnya.

Warga pun antusias mengikuti kegiatan penukaran uang ini. Deretan kursi yang disiapkan BI di SP Plaza penuh terisi. Sementara warga yang mengantre di mobil-mobil kas keliling pun rela berhujan-hujanan.

“Nanti tanggal 25-26 Mei juga akan diadakan kas keliling bersama ini di Dataran Engku Putri Batam Centre. Kalau di SP Plaza ini ada tujuh bank yang ikut, di Engku Putri nanti kita upayakan semua bank bisa ikut,” kata dia.

Pada kas keliling ini, penukaran untuk tiap orang dibatasi jumlahnya. Pecahan Rp20 ribu dan Rp10 ribu hanya boleh ditukar senilai Rp2 juta per orang. Nominal Rp5.000 dab Rp2.000 bisa ditukar sebanyak Rp1 juta. Dan pecahan terkecil, Rp1.000, bisa ditukar sebanyak Rp100 ribu.

Tujuan pembatasan agar semua yang datang bisa mendapat bagian. Selain agar rata terbagi, pembatasan ini juga salah satunya untuk menghindari oknum penukaran uang tak resmi.

Selain kas keliling bersama, BI juga melaksanakan kas keliling mandiri. Di Kota Batam, kas keliling mandiri ini digelar di tujuh lokasi yaitu Batuaji pada 8 Mei dan Tiban 15 Mei lalu. Kemudian di Batuampar pada 20 Mei, Sekupang 21 Mei, Sagulung 22 Mei, Sei Beduk 23 Mei, dan Botania 1 pada 29 Mei mendatang.

“Kas keliling luar kota juga akan kita gelar di Dabo Singkep dan Tanjungbatu Moro. Penukaran yang reguler juga tetap. Warga juga bisa menukarkan di bank-bank. Jadi ini (kas keliling) salah satu channel saja,” sebut Fadjar.

BI Kepri juga mendistribusikan uang pecahan baru ini ke kas-kas titipan yang ada. Yaitu kas titipan BI di Bank Mandiri untuk wilayah Tanjungpinang, BNI di Karimun, dan Bank Riau Kepri di Natuna.

Sumber: MCB

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BATAMSATU.COM merupakan portal berita terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT BATAM SATU MEDIA 2018

To Top