BATAM CITY

Bertambah 1 Kasus, Positif Covid-19 di Batam Capai 252 Orang

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi./Foto: Dok.BatamSatu.com

BATAM – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi mengumumkan penambahan 1 pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19 pada Jumat (10/7/2020). Dengan penambahan ini, tercatat ada total 252 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Batam.

Rudi menjelaskan, penambahan 1 pasien ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim Analis BTKLPP Batam, berdasarkan hasil Temuan dari kasus baru di Kota Batam.

“Dengan ini kami sampaikan uraian jumlah orang yang terpapar dari temuan kasus ini sebanyak 1 orang laki-laki Warga Kota Batam yang terkonfirmasi Positif,” ujar Rudi dalam keterangan tertulis yang diterima BatamSatu, Jumat sore.

Rudi menjelaskan terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut adalah seorang Laki-laki berinisial Tn.JH, usia 37 Tahun, Wiraswasta, beralamat di kawasan perumahan Pasir Mantang Kelurahan Tanjung Sengkuang Kecamatan Batu Ampar Batam.

“Merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 252 Kota Batam,”ujarnya.

Dijelaskan bahwa pada tanggal 06 Juli 2020 yang bersangkutan memeriksakan diri ke Klinik Assifa Bengkong untuk melakukan pemeriksaan RDT guna memenuhi persyaratan penerbangan ke Kota Medan Sumatera Utara yang hasilnya diperoleh Reaktif.

“Mengingat hasil pemeriksaan RDTnya tersebut, selanjutnya pemantauan dan penanganan yang bersangkutan dilakukan oleh Puskesmas Tanjung Sengkuang sesuai dengan alamat tempat tinggalnya,”kata Rudi.
Kemudian pada tanggal 07 Juli 2020 oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Puskesmas Tanjung Sengkuang yang bersangkutan dievakuasi ke RSKI Covid-19 guna melaksanakan karantina/isolasi dirumah sakit tersebut.

“Pada keesokan harinya tanggal 08 Juli 2020 bertempat di RSKI Covid-19 Galang tersebut dilakukanlah pemeriksaan Swab Tenggorokan yang hasilnya diperoleh pada hari ini Terkonfirmasi Positif,”lanjut Rudi.

Rudi menegaskan, sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, dan saat ini telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

Dikatakan bahwa berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi yang dilakukan terhadap seluruh cluster terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada maupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun import.

“Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan dan himbauan pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus Covid-19,” terangnya.

Rudi menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Batam untuk kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja.

“Menggunakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup,”pungkasnya.

(Redaksi)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BATAMSATU.COM merupakan portal berita terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT BATAM SATU MEDIA 2018

To Top