PERISTIWA

13 Titik Panas Penyebab Kabut Asap Langit Kepri

Ilustrasi kebakaran lahan./Dok.Foto:Istimewa/batamsatu.com

BATAM – Sebanyak 13 titik panas di wilayah Provinsi Kepri terdeteksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kantor Bandara Hang Nadim, Batam sebagai sumber kabut asap.

Hingga hari ini, Rabu (11/9/2019), sebagian wilayah Kepri diselimuti kabut asap pasca kebakaran lahan di sejumlah wilayah di Kepri.

Menurut Suratman, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Batam, 13 titik panas ini menyebar disebagian wilayah di Kepri.

“Dari 13 titik panas yang ditemukan diantaranya 4 titik panas di Kabupaten Lingga, 2 titik panas di Kabupaten Bintan dan 7 titik panas di Kabupaten Karimun.

Ia mengatakan, meski sebagian wilayah Kepri telah diselimuti kabut asap, namun kadar udara Kepri masih terbilang aman dan belum mengkhawatirkan.

Kendati demikian pihaknya tetap menghimbau agar masyarakat Kepri selalu waspada dalam membakar sampah ataupun membuang putung rokok.

Pasalnya, kebakaran lahan dan hutan belakangan ini banyak disebabkan oleh faktor-faktor yang tidak disengaja.

“Rata-rata faktor kebakaran lahan dan hutan bukan dari unsur kesengajaan, melainkan dari ketidak sengajaan,” katanya.

Suratman menampik bahwa kabut asap di Kepri merupakan kiriman dari Provinsi lain. Menurutnya, kabut asap yang menyelimuti langit Kepri murni dari titik api yang ada di Kepri.

“Asap yang berasal dari kebakaran hutan atau lahan di Riau arah penyebaran cenderung bergerak ke arah Barat hingga Barat Laut, sehingga wilayah Kepri tidak berdampak,” ungkapnya.

Ia menambahkan, wilayah Kepri yang mulai tampak diselimuti kabut asap adalah Batam dan Karimun. Meski begitu, kondisi udara di kedua daerah ini tidak terlalu membahayakan.

“Tidak hanya Batam, Kabupaten Karimun juga mulai diselimuti kabut asap. Namun sama seperti di Batam, kondisi udara di Karimun belum terlalu membahayakan,” tutupnya.

Penulis: SA

Editor: Abidin

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BATAMSATU.COM merupakan portal berita terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT BATAM SATU MEDIA 2018

To Top