NASIONAL

Warga Batam Waspada Virus Zika Saat Berkunjung ke Singapore

BATAM – Kementrian Kesehatan RI mengigatkan warga Indonesia Batam khususnya agar berhati-hati saat berkunjung kenegara Singapore terutama wanita hamil akan terkena virus Zika dari nyamuk Aedes Aegypti.

Hal ini diungkapkan langsung‎ Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementrian Kesehatan RI, dr.H.M. Subuh, MPPM‎ saat meninjau sarana prasarana alat Thermos Scan yang ada dipelabuhan Feri Internasional Batam Centre.

“Sudah adan 115 warga singapore terjangkit virus Zika, namun kita belum mengeluarkan Travel Warning hanya baru sebatas mengajuan Travel Advisory‎ atau menasehati warga RI supaya berhati-hati berkunjung kesana terutama wanita hamil, ” Kata M Subuh di Pelabuhan Feri Internasional Batam Centre. Kamis(01/09/2016).

Kata Dia, Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Kesehatan selalu berkomunikasi melalui Vokal Point yakni kontak person masing-masing negara terhadap pengendalian penyakit menular. Dan ini diatur dalam IAR(‎Internasional Air Regulation) yang dalam satu keluarga namanya WHO.

“Seluruh anggotanya yang bergabung dalam WHO sehingga mudah selalu berkoordinasi penyebaran penyakit Zika ini,” jelasnya.

saat ini ada 115 warga S’pore yang tertular virus Zika dimana salah seorang merupakan wanita hamil dan sampai saat ini belum ada warga negara Indonesia yang terjangkit virus tersebut saat berkunjung kesana sesuai laporan pemerintah S’pore.

Namun yang perlu dicatat, imbuhnya, seluruh warga mereka yang terkena virus Zika‎ tidak dirawat sehingga kita sulit memantau dan mendatanya.

“Kalau dirumah sakit singapore kan enak, kita datangi kesana lalu kita catat,” Pungkasnya.

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − four =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top