NASIONAL

Warga Baloi Kolam Laporkan Penganiayaan ke Komisi HAM

BATAM – ‎Warga Baloi Kolam, Kelurahan Sei Panas, kecamatan Batam Kota akhirnya melapor ke Komisi Hak Asasi Manusia(HAM) terkait kasus penembakan dan penganiayaan yang diduga dilakukan oknum TNI paska kerusuhan bersama Tim terpadu dua minggu lalu.

Tidak itu saja, warga bersama LSM Gebrak serta anggota Komisi IV DPRD Batam Uba Sigalingging juga melaporkan terhadap Kontras pusat dan dari kedua tersebut Komnas HAM akan turun ke Batam melakukan Investigasi dan Kontras melaporkan Tim Presiden Jokowi.

“Kami sudah laporkan terhadap Perlindungan HAM dan permohonan advokasi hukum dan Kontras pusat,” Kata Agustan Marbun ketua RW16 Baloi Kolam. Rabu(05/10/2016).

Kata Dia, ada tiga pokok permasalahan yang kami laporkan terhadap. Komnas HAM dan Kontras. Yakni terkait penembakan, penganiayaan dan campur tangan TNI dalam pembebasan lahan di Baloi Kolam.

“Respon nya HAM akan segera turun ke Batam,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Batam Uba Sigalingging yang merupakan dapil Baloi Kolam mengatakan, permasalahan warga ini pada tanggal 3 oktober 2016.

Ia bersama perwakilan warga dan LSM Gebrak melaporkan terhadap Komnas HAM, Kontras dan Panglima TNI AD.

Namun, untuk Laporan terhadap Panglima TNI AD belum berhasil ditemui dan akan dilanjutkan minggu depan sekaligus melaporkan terhadap Obudsman, Lembaga Perlindungan Saksi(LPSK) dan Menpohulkam.

Dimana kami meminta Komnas HAM agar menindak lanjuti prosesnya serta dapat melakukan mediasi dan rencananya Komnas HAM akan segera turun.

Komnas Ham akan turun langsung melihat persoalan ini Baloi Kolam, ke Batam‎,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, kami juga melanjutkan laporan terhadap Menkopolhukan dan staff presiden terkait persoalan Baloi Kolam ini dapat diselesaikan dengan solusi yang baik.

Sedangkan Kontras dan HAM ‎sudah mengetahui persoalan ini melalui media sehingga saat kami melaporkan mereka responsif bahkan mendorong untuk terus berjuang dan mereka akan menindak lanjuti.

“Intinya laporan warga ini ditindak lanjuti mereka,” pungkasnya.(red).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + four =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top