Peristiwa

Wakil Walikota Batam Bakar Puluhan Ribu E-KTP

BATAM– Sebanyak 50.390 keping kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) rusak atau invalid dimusnahkan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Supil (Disdukcapil) Kota Batam, Kamis (20/12/2018) siang.

Pemusnahan e-KTP dengan cara dibakar ini dilakukanoleh Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad beserta Kepla Disdukcapil.

Amsakar mengatakan bahwa, 50.390 keping e-KTP tersebut merupakan hasil pengumpulan dari seluruh wilayah kecamatan di Batam.

Pemusnahan ini, kata dia berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri dengan surat edaran Mendagri nomor 470.13/11176/SJ tentang Penata usahaan KTP-el Rusak atau Invalid.

“Ini dilakukan sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri untuk menghindari agar jangan sampai ada persepsiyang muncul di ruang publik bahwa e-KTP yang valid akan disalah gunakan,” katanya.

Pemusnahan e-KTP ini menjadi penting karena momen politik awal tahun depan memasuki kontestasi politik yang berpotensi adanya penyalahgunaan.

“Seperti yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia, e-KTP yang ditemukan di sawah. Tetapi di Batam tak terjadi demikian karena pak Wali sudah instruksikan kepada Kadisduk bahwa seluruh e-KTP yang rusak harus ditarik dan disimpan di setiap Kecamatan,” tutup Amsakar.

Saat pemusnahan e-KTP tersebut juga dihadiri perangkat OPD, Komisioner KPU, Bawaslu serta TNI, Polri dan instansi terkait lainnya.

 

 

Penulis: Marina

Editor: Abidin

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 2 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top