EDUKASI

UMBY Gandeng UPB Sukses Selenggarakan Konferensi Nasional Komunikasi

BATAM – Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggandeng Universitas Putera Batam (UPB) sukses selenggarakan Konferensi Nasional Komunikasi (KNK) 2018 di salah satu hotel di Nagoya Kota Batam.

Selain menjadi agenda tahunan UMBY, KNK 2018 ini juga menjadi implementasi kerjasama antar dua perguruan tinggi tersebut di bidang riset dan pendidikan ilmu komunikasi.

Hal itu disampaikan oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) UMBY, Dr. Heri Budianto, dalam sambutannya.

“Sebelumnya kami telah menandatangani kerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UPB di bidang tridharma perguruan tinggi. Jadi acara Fikom UMBY yang kami selenggarakan di Kota Batam adalah bagian dari implementasi kerjasama tersebut,” tuturnya saat memberikan pidato pembukaan konferensi, Selasa (4/12/2018).

Ketua panitia acara KNK 2018, Didik Haryadi Santoso, menyampaikan bahwa acara tersebut mengangkat tema Komunikasi dan Pendidikan Politik Menuju Demokrasi yang Berkualitas.

Menurutnya, acara konferensi yang di gelar di Kota Batam ini masih membawa konsep KNK pada tahun-tahun sebelumnya. Sebelum presentasi makalah penelitian dari masing-masing peserta, acara di buka dengan seminar terlebih dahulu.

“Seminar kemarin di isi oleh Dr. Heri Budianto dari UMBY dan ahli komunikasi publik dari Universitas Hassanudin Makasar, Dr. M Iqbal Sultan,” tutur pria yang juga menjabat Direktur Pusat Komunikasi dan Literasi di UMBY tersebut, Kamis (6/12/2018).

Nantinya, lanjut Didik, hasil pembahasan dari makalah peserta konferensi yang terdiri dari para akademisi dari berbagai kampus di Indonesia itu akan di bukukan.

“Sehingga nantinya refleksi kritis para akademisi dapat menjadi pertimbangan berbagai pihak,” imbuhnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan Fikom UMBY itu menyebut bahwa, kegiatan yang diselenggarakan berangkat dari keprihatinan berbagai pihak tentang kegaduhan politik di Indonesia. Yang utamanya terkait kehadiran new media seperti media sosial ke tengah masyarakat.

“Momentum demokrasi seperti pemilihan umum akan diselenggarakan pada 2019 mendatang. Sehingga kami rasa cukup tepat menggelar konferensi dengan tema komunikasi politik,” tandasnya.

Selain konferensi, acara yang di adakan mulai 4 – 6 Desember 2018 itu juga di barengi dengan pelantikan pengurus Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom) koordinator wilayah Kepulauan Riau. Mereka dilantik untuk masa kepengurusan 2018-2021.

Hadir juga Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Nurdin Basirun, dalam acara KNK 2018 dan pelantikan pengurus Aspikom Korwil Kepri. Selain sebagai tamu undangan KNK 2018, Nurdin juga menjabat sebagai dewan pakar di Aspikom Korwil Kepri.

 

Penulis: Abidin

Editor: Abidin

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − one =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top