Health

Uban Muncul di Usia Produktif? Ini Penyebabnya

ilustrasi/foto : Ist

Diantara helai-helai rambut hitam Anda, coba periksa, apakah ada sehelai rambut putih yang tumbuh? Fenomena tumbuhnya uban di usia muda memang tidak asing lagi. Terkadang, seseorang di usia produktif bisa memiliki uban di kepala. Mengapa hal itu dapat terjadi?

Masalah uban yang timbul di usia muda, ternyata dapat dipengaruhi oleh faktor genetis. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh University College di London dan dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications, bila Anda beruban di usia muda maka yang harus “dipersalahkan” adalah orangtua Anda.

Peneliti dari eropa mempelajari tipe rambut dari 6.300 penduduk Eropa berdarah Amerika Latin dan penduduk keturunan campuran dengan membandingkan genom mereka. Dan dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa gene IRF4 lah yang diyakini menjadi pemicu tumbuhnya uban di usia muda.

Peneliti juga menyimpulkan bahwa 30 persen munculnya disebabkan oleh faktor genetis, dan sisanya adalah faktor lingkungan, antara lain:
1. Merokok
2. Stres
3. Polusi

Masalah uban ini, menjadi masalah tersendiri bagi individu di usia 20-an hingga 30-an. Karena secara tidak langsung dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri mereka. Survei juga membuktikan bahwa, sekitar 23 persen populasi dunia, baru akan beruban ketika menginjak 50 tahun. Sisanya berkemungkinan besar, memiliki uban sebelum mencapai umur tersebut.

 

Editor : Rumbo

Sumber : 1health.id

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × two =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top