DAERAH

Tipu Mahasiswa, Dukun Palsu ‘Pengganda Uang’ Dibekuk Polisi

AMOKNEWS – Polresta Pekanbaru akhirnya berhasil menangkap dukun palsu yang mengaku bisa menggandakan uang. Penangkapan ini berdasarkan laporan mahasiswa yang telah memberikan uang Rp 63 juta kepada sang dukun.

“Tim Reserse melakukan penggerebakan di lokasi tempat praktik dukun itu. Saat digerebek dukun tersebut sempat mencoba melarikan diri,” kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Toni Hermawan seperti yang dikutip detikcom, Sabtu (8/10/2016).

Toher, begitu sapaan akrab Kapolresta Pekanbaru ini, mengatakan tersangka dukun palsu bernama Agung Puja Kusuma (33) alias Ki Purbo Jati. Dia ditangkap ditempat praktiknya di Jl Manunggal, Kecamatan Tampan, Pekanbaru.

“Tersangka kita tangkap dalam tindak pidana penipuan dengan modus bisa menggandakan uang. Korban yang melapor baru satu orang yang mahasiswa yang sudah memberikan uang kepada tersangka Rp 63 juta,” kata Toher.

Saat dilakukan penggerebekan, lanjut Toher, di rumah kontrakan tersangka ditemukan sejumlah barang bukti terkait perdukunan. Misalkan ditemukan minyak apel jin, minyak baslau, kain hitam, air gelas berisikan bunga, dan satu gelas berisikan kopi. Ada juga telor ayam kampung, satu setel baju khas jawa serta blangkon.

Di rumah itu juga ditemukan satu spanduk bertuliskan ‘pengobatan tradisional’. Ada surat keterangan usaha dari kelurahan, ditambah sertifikat spritual bertuliskan ‘Kipurbo Jati’.

Di rumah itu juga tim menemukan 3 unit sepeda motor, dan mobil daihatsu Alya warna abu-abu.

“Tersangka saat ini kita tahan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Bagi masyarakat yang pernah tertipu, kami persilakan untuk melapor,” kata Toher.

Sebelumnya, korban Kus Hendra seorang mahasiswa melapor ke Polresta Pekanbaru karena menjadi korban penipuan penggandaan uang oleh dukun tersebut. Korban menyerahkan uang Rp 63 juta secara bertahap dengan harapan uangnya bisa digandakan. Tapi ternyata apa yang dijanjikan tersangka tidak pernah terwujud.

DETIK

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + ten =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top