Peristiwa

Tim Terpadu Tertibkan Bangunan Liar di Row Jalan

BATAM – Tim terpadu penertiban BP Batam melakukan pembongkaran kios liar yang berada disepanjang row ‎jalan menuju pelabuhan Telaga Punggur, kecamatan Nongsa.

Menurut salah seorang warga Uki(36) mengatakan, ‎bahwa lebih kurang 40an kios dibongkar diepanjang jalan ini, namun kami belum mendapat solusi terhadap kelangsungan mata pencarian kami.

“Kami tak bermasalah digusur tetapi harus ada solusilah,” Kata Uki berdagang rokok. Selasa(25/10/2016).

Kata Dia, ‎kami sudah berdagang tahunan disini untuk menghidupi anak dan istri dan kami berharap ada solusi dari pemerintah daerah dan jangan hanya main gusur.

“Rakyat kecil terus jadi korban tampa solusi,” jelasnya.

Hal yang sama juga diungkap Opung tambal ban pinggir jalan punggur mengatakan, sampai saat ini kami belum menerima surat peringatan Tim terpadu terkait pengusuran ini, namun kami tidak bisa berbuat banyak.

“Sama sekali saya tak tahu hari ini digusur, tiba-tiba digusur tim terpadu,” kesalnya.‎

Sementara itu, Direktur Ditpam BP Batam Budi Santoso mengatakan, ada lebih kurang 38 unit kios liar berdiri dirow jalan sehingga mempersempit badan jalan yang mengakibatkan kemacetan saat kendaraan menuju pelabuhan.

“Mereka sudah kita layangan surat peringatan SP3‎ agar dibongkar sendiri, namun tidak tanggapan kami bongkar,” ujarnya dilokasi.

‎Kata Budi, Sejak bulan April 2016, kata dia, pihaknya sudah mengirimkan surat peringatan kepada warga setempat untuk mengosongkan bangunannya.

‎Sejak 2015 pembangunan Pelabuhan Domestik Punggur, masyarakat sekitar sebagai pemilik kios liar tidak hanya mendapat keuntungan dari jualan.

Mereka mengelola parkir secara swadaya. Dalam satu hari pendapatan melalui jasa penitipan sepeda motor dan mobil yang parkir perjam dan inap melebihi pendapatan mereka berjualan.

“Adanya pengusuran ini akan mengurai kemacetan saat pengendara masuk pelabuhan dan sarana parkir juga sudah disediakan,” pungkasnya.(red).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − five =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top