Batam City

Tim Teknis BP Batam Bahas Persiapan Ex-Officio Bersama Pemko

BATAM – Tim Teknis Dewan Kawasan Pelabuhan Bebas Perdagangan Bebas (DKPBPB) dikabarkan lakukan kunjungan ke Batam pada Selasa (15/1) guna menyampaikan pekembangan persiapan ex-officio. Hal ini disampaikan oleh Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad.

Menurutnya, kunjungan tim teknis ke Kantor Walikota Batam untuk menginformasikan perkembangan terkini tentang kebijakan pemerintah pusat untuk Batam.

“Baik mengenai transformasi dari Free Trade Zone (FTZ) menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Maupun langkah mempersiapkan regulasi terkait ex-officio,” ujar Amsakar.

Pada pertengahan Desember 2018 lalu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dalam rapat terbatas bersama Presiden RI membuat kebijakan agar Walikota Batam secara ex-officio menjabat sebagai Kepala BP Batam.

Kemudian awal Januari 2019 ini, Menko melantik Kepala BP Batam yang baru, untuk persiapan transisi kebijakan ex-officio hingga akhir April.

Kendati masa transisi ditentukan hingga April namun bukan berarti tidak bisa diselesaikan sebelum masa waktu yang telah ditentukan. Artinya jika persiapan semakin cepat maka ex-officio juga lebih cepat diterapkan di Batam.

“Dalam pertemuan tadi diungkapkan bahwa cerita tentang sampai April ini bukan harga mati.Makin cepat penyelesaiannya makin baik,” tuturnya.

Amsakar juga menjelaskan bahwa lama waktu penetapan Walikota ex-officio Kepala BP Batam tergantung pada perubahan PP nomor 46 tahun 2007 tentang KPBPB Batam.

Sementara terkait pelaksanaan KEK sendiri sangat mungkin berjalan seiringan dengan persiapan ex-officio. Pasalnya BP Batam telah mengonsep beberapa KEK di Batam termasuk penerapan KEK Bandara.

“Yang segera dilakukan itu KEK Bandara Hang Nadim. KEK dan ex-officio ini bisa jalan bersama-sama. Intinya Presiden dan tim di bawahnya konsisten melaksanakan keputusan yang sudah diamanahkan,” ujarnya.

Amsakar kembali menegaskan bahwa pada pertemuan kali ini, tim teknis membuka ruang untuk mendengarkan persoalan. Juga menerima masukan maupun saran dari jajaran Pemerintah Kota Batam untuk memperkaya bahan rapat tim teknis berikutnya.

Editor : Abidin

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − fourteen =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top