NASIONAL

Tekan Percaloan , BNP2TKI Bangun Kantor Layanan TKI Terintegrasi di Batam

BATAM – Untuk menekan permainan calo, BNP2TKI akan segera membagun kantor Layanan TKI Terintegrasi secara terpadu di kota Batam dan Tanjung Pinang dengan anggaran 1.4 milyar perdaerah.

Program pelayanan TKI Terintegrasi satu pintu ini berlanjut dengan penandatanganan Komitmen Bersama dilantai IV gedung Pemko Batam.

Komitmen bersama ini langsung ditandatangani KPK RI, BNP2TKI Gubernur Kepri, Walikota Batam Walikota Tanjung Pinang, BP Batam, Dirjen Binaker menaker, Duta Besar RI untuk Singapore, Ketenagakerjaan KBRI Malaysia, BI, Kepolisian, Bakamla, OJK, BPJS dan lainnya.

Nusron Wahid, Kepala BNP2TKI mengatakan, program ini akan menjadi solusi perlindungan bagi 1,3 juta TKI non prosedural yang bekerja di Malaysia.

“lebih kurang 1,3 juta TKI nonprosedural yang ada di Malaysia dapat solusi adanya wadah ini serta menekan peran calo dan tekong,” kata Nusron di Pemko Batam. Rabu(31/08/2016).

Kata Dia, bersama KPK-BNP2TKI melibatkan 15 instansi melalui implementasi Program Poros Sentra Pelatihan dan Pemberdayaan TKI didaerah perbatasan Kepri.

Program ini akan menyasar didua titik lokasi yakni Batam dan tanjung Pinang dan hanya fokus terhadap penyediaan layanan dokumen dan pengembangan pusat perdayaan TKI dan Deportasi.

“Kami akan all out perjuangkan program ini agar terwujud dalam satu tahun,” kata Nusron.

Ia mengatakan, dengan adanya wacana program ini Kepri akan menjadi daerah yang bebas calo TKI dan Tindakan Perdagangan Orang(TPPO), karena layanan TKI diitegrasikan dalam satu pintu.

Seperti, layanan administrasi kependudukan, ketenagakerjaan, E-KTKLN, SKCK, serta Keimigrasian. sehingga proses pengurusan dokumen TKI menjadi mudah dan cepat, transparansi serta pasti. Jika pada saat sudah beroperasi tentunya akan menghapus praktik percaloan, pungli dan pengurusan dokumen palsu,” terangnya.(red/di).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + sixteen =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top