BISNIS

Spa Plus-plus Bertebaran, Begini Curhatan Terapis Profesional

Spa Nusantara Festival 2017 di Mega Mall Batam Center, Minggu (16/7)/Foto : Roni Rumahorbo

BATAM – Salah seorang Trainer Spa Profesional mengaku sangat terbebani dengan banyaknya spa plus-plus yang bertebaran di beberapa pusat-pusat perkotaan di seluruh Indonesia. Menurutnya, akibat dari keberadaan spa plus-plus tersebut, spa yang memang benar-benar untuk kesehatan kesannya jadi negatif.

“Jujur kami para terapis mempunyai beban berat atas pandangan masyarakat luar yang berfikiran semua spa itu negatif,” kata terapis senior Indonesai, Yoyoh R Tambera kepada BATAMSATU.COM, Minggu (16/7).

Akibat dari pandangan negatif masyarakat juga kata Yoyoh, para pemilik spa sangat kesulitan untuk menambah SDM yang dijadikan sebagai terapis-terapis.

“Sangat susah merekrut para terapis akibat pandangan negatif tadi, otomatis orang tua tidak memperbolehkan mereka yang ingin menjadi terapis, padahal sebenarnya penghasilan seorang terapis itu sangat menjanjikan,” terangnya.

Yoyoh menjelaskan, sangat mudah untuk membedakan Spa untuk kesehatan dan Spa yang memang untuk kebutuhan lain, dia mencontohkan harus ada izin dari Dinas Pariwisata di daerah tersebut, memiliki sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan serfitikat LSU dari Dinas Pariwisata.

“Uji kompetensi untuk terapis tidak sembarangan lho, para terapis harus memiliki Knowledge, Skill, Atitude yang bagus, kalau salah satu dari yang tida tersebut kurang baik belum bisa dapat sertifikat sebagai terapis terampil, jadi tidak sembarangan,” jelas Yoyoh.

Selain itu, terang dia lagi, terapis harus paham lima gerakan dasar pijat dan anatomi aroma therapy, namun kalau tidak paham dasar tersebut belum bisa menjadi dinamakan terapis.

“Seorang terapis juga harus tahu lapisan-lapisan kulit, itu tidak asal-asal lho, jadi kalau kalau terapis belum paham dasar-dasar yang saya sebutkan itu jangan panggil terapis, kalau bisa panggil yang lain aja deh,” ujarnya.

 

 

Penulis : Roni Rumahorbo

Editor : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 3 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top