Feature

Riwayat Hidup Tumenggung Abdul Jamal

Siapakah Tumenggung Abdul Jamal?

Nama Tumenggung Abdul Jamal tentu tak asing khususnya bagi sebagian orang yang tinggal di Kota Batam. Nama pahlawan itu abadi menjadi sebuah nama stadion lapangan sepakbola di kompleks gelanggang olahraga jalan Ahmad Yani Kota Batam.

Selain jabatan bendahara kerajaan Melayu Riau, tak banyak yang dapat diketahui bagaimana riwayat hidup Tumenggung Abdul Jamal. Literasi tentang tokoh ini tak banyak di dapat di Kota Batam. Bahkan catatan dari dinas terkait tentang ketokohan yang makamnya berada di Pulau Bulang ini masih relatif terbatas.

Sebagai salah satu tokoh yang memiliki jabatan penting di Kerajaan Melayu Riau, minimnya literasi tentu sangat di sayangkan. Bahkan, warga pulau Bulang-Lintang sendiri, tempat Tumenggung Abdul Jamal di makamkan, tak banyak tahu tentang riwayatnya.

M Taha (87) juru kunci makam Tumenggung Abdul Jamal, tak tahu secara persis bagaimana riwayat kehidupan Tumenggung Abdul Jamal. Ia hanya mengetahui bahwa makam tersebut biasa ramai di kunjungi para peziarah menjelang bulan Ramadan. Mulai dari peziarah lokal hingga manca Negara. Maklum, kerajaan Melayu Riau memiliki hubungan erat dengan kerajaan Melayu Johor.

Seingat M Taha, sejak dirinya datang ke pulau kecil di perairan Kota Batam itu, sudah ada makam Tumenggung Abdul Jamal. Makam ini berada dalam satu komplek dengan pemakaman isterinya, Raja Maimunah beserta para prajuritnya.

“Saya tak tahu bagaimana beliau meninggal. Karena dulu sebelum saya datang kesini makam ini sudah ada. Dulu cuma satu buah rumah, tak ramai. Dan ini semua masih semak hutan pohon-pohon semua,” ungkap M Taha, juru kunci makam saat ditanya perihal meninggalnya Tumenggung Abdul Jamal.

Makam Tumenggung Abdul Jamal

Dari keterangan yang disampaikan M Taha, setelah di temukannya makam tumenggung Abdul Jamal di pulau Bulang-Lintang ini, pemerintah setempat lalu membuat jalan untuk peziarah. Di area makam juga di bangun tembok yang mengelilingi kompleks pemakaman. Batu-batu lama yang mengelilingi area makam sengaja tidak di robohkan untuk menjaga kelestarian cagar budaya.

Namun, kondisi area kompleks pemakaman tersebut sudah tak lagi terawat. M Taha sebagai juru kunci makam yang sudah berusia renta itu tak sanggup lagi merawat makam sehari-hari.

“Saya sudah tua. Lagi pula sudah jarang orang datang berkunjung. Biar nanti anak saya yang melanjutkan,” tutur juru kunci makam yang sudah berusia lanjut tersebut.

Museum Mini Cik Puan yang terletak tak jauh dari Kompleks pemakaman Tumenggung Abdul Jamal di Pulau Bulang-Lintang Kota Batam./Foto. Nenti Patimah

Sementara benda-benda pusaka peninggalan Tumenggung Abdul Jamal yang dulu di letakkan di sebuah museum mini, M Taha sekarang tak tahu keberadaannya. Ia menyampaikan bahwa benda-benda tersebut sudah dipindahkan dari museum dan tidak tahu siapa pemegang terakhir, karena pemegang terdahulunya sudah meninggal.

Abdul Jamal di angkat menjadi Tumenggung

Temenggung Abdul Jamal lahir pada 1720. Ia adalah putra dari Tun Abbas, Datuk Bendahara Kerajaan Johor-Riau. Abdul Jamal menyandang jabatan Temenggung atau penguasa daerah di tunjuk oleh Sultan Johor-Riau.

Pulau Bulang telah dijadikan sebagai basis daerah perintah Temenggung sejak tahun 1722 hingga 1824. Pulau Bulang menjadi satu hadiah dari Sultan Sulaiman Badrul Alam Syah (Sultan Riau pertama) pada kelurga Tumenggung Riau-Johor.

Sejak tahun 1722 pulau ini telah di jadikan “markas besar” keluarga Tumenggung yang merupakan cabang kecil dinasti Bendahara yang memerintah Riau-Lingga-Johor-dan Pahang.

Riwayat kehidupan Temenggung Abdul Jamal jarang bahkan sulit di dapat para peziarah baik dari informasi tertulis ataupun dari mulut ke mulut masyarakat tempatan. Untuk mengetahui dan mempelajari keberadaan pulau dan makam yang menjadi warisan sejarah kebesaran Melayu tersebut, perlu mempelajari catatan yang terangkum dalam khazanah literatur di pulau Penyengat Tanjung Pinang maupun Singapura dan Johor.

 

 

 

Penulis: Nenti Siti Patimah

Editor: Abidin

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × one =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top