HUKUM & POLITIK

Polisi Buru Karim Pemilik Kapal Karam di Malaysia

BATAM – Jajaran Kepolisian Polda Kepri memburu Karim warga Belakang Padang yang merupakan tekong TKI ilegal dan merupakan diduga sebagai pemilik kapal yang tenggelam di‎ pantai Batu, Sungai Rengit, Bandar Penawar, Kota Tinggi, Johor, Malaysia.

“Dari beberapa kasus tangkapan kita traffeking, menggarah ‎ terhadap Karim pemilik kapal tersebut, namun saat ini berhasil kabur,” Kata Kapolda Brigjen Sam Budigusdian usai ekpoz tangkapan kapal ilegal fishing di Batu Ampar. Selasa(26/07/2016).

Kata Dia, hasil pendalaman pihaknya, karim mendapat pesanan dari salah seorang Datuk ‎asal Malaysia, lalu karim mengirimkan kapal kesana, yang mana diketahui kapal tersebut tenggelam saat menuju Batam dan menewaskan 15 orang.

“TKI tersebut berangkat menggunakan paspor kunjungan, pasport overstay lalu pulang lewat pelabuhan tak resmi,” Terangnya.

Ia mengatakan, para pahlawan devisa negara, beberapa kasusnya sudah ditangani Polda Kepri ‎, dimana pembuatannya dilakukan di Batam dan saat ini kami masih menyiapkan data pendukung dan mendalami menjerat pelaku TKI Ilegal.

Para TKI Ilegal diduga memanfaatkan jalur tak resmi serta juga memanfaatkan kelengahan ‎ petugas dilapangan dan saat ini kita akan berkoordinasi bersama PJTKI resmi yang ada kenapa ini kok bisa terjadi,” Ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini dirinya sudah perintahkan jajarannya melalui Dirpolair untuk selalu memantau keberangkatan maupun kepulangan TKI Ilegal diperairan Kepri.

Seluruh armada kapal milik Pol Air sudah mengantisipasi berpatroli masuknya dan pulangnya TKI ilegal untuk mencegah Tekong mengirim lagi karena Tekong sudah memanfaat segala jalur dan bukan melalui Batam saja,” Pungkasnya.

Seperti diketahui.Sebanyak tujuh warga negara Indonesia (WNI) meninggal dan 44 orang ditemukan selamat di Pantai Batu Layar, Sungai Rengit, Bandar Penawar, Kota Tinggi, Johor, Malaysia akibat kapal yang ditumpanginya tenggelam.

Kapal yang diduga tenggelam tersebut milik salah seorang tekong bernama karim yang merupakan warga Belakang Padang.(red/di).‎

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + sixteen =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top