HUKUM & POLITIK

Polda Tangkap Tekong TKI Ilegal di Hang Nadim Batam

BATAM – Jajaran Direktorat People Smugling Subdit IV Ditkrimum Polda Kepritangkap tiga tekong TKI Ilegal dibandara Hang Nadim Batam dan pelabuhan Fery Batam Centre.

Ketiga pelaku merupakan tekong ilegal yang berprofesi sebagai porter dan berasaldari NTT , dimana rancana akan memberangkatkan 15 calon TKI nonprosedural melalui pelabuhan Batam Centre.

“Ketiganya kami tangkap dalam operasi sejak tanggal 15-16 Juli ini. Masing-masing meraka tidak saling kenal, ada profesi sebagai porter Bandara Internasional Hang Nadim, ada selalu ngetem di Pelabuhan Fery Internasional Batam Center,” kata Kasubdit PPA Direskrimum Polda Kepri, AKBP Ponco Indriyo, Jumat(29/7/2016).

Ketiganya adalah GPA (25), PMS (40), SL (43) warga Batam yang ditangkap polisi Pelabuhan Internasional Batam Centre setelah membeli tiket ferry tujuan Malaysia.Kata Dia, Para TKI yang akan diberangkatkan ke Malaysia, menggunakan paspor pelancong.

Dokumen itu, tambahnya dibuat di daerah masing-masing para TKI. Namunsesuai pesanan dan kondisi, tambahnya bisa diatur untuk dibuat di Batam.

“Mereka menyalurkan TKI bukan melalui perusahaan resmi, itu sudah salah menurut undang-undang. Apalagi calon TKI yang berasal dari sejumlah daerah di Jawa Timurdan NTT itu hanya dibekali paspor pelancong,” ujarnya.

Para pelaku, imbuhnya. memiliki jaringan hingga wilayah asal calon TKI ilegal termasuk jaringan yang berada negara tujuan, Malaysia.

“Jadi TKI ini berangkat dari daerah asal tanpa diantar. Sampai di Bandara Hang Nadim mereka baru dijemput dan diantar langsung ke pelabuhan. Dokumen-dokumen keberangkatan seperti tiket ferry juga mereka yang atur. Mereka yang mengontak penghubung di Malaysia,” jelas dia.

Aksi para pelaku, tambah Ponco bukan kali pertama. Dengan modus yang sama perbuatan melanggar Pasal 102 ayat 1 huruf A tentang penempatan dan perlindunganTKI di luar negeri sudah sering dilakukan.”Ancaman 10 tahun penjara.

Untuk korban sebagian sudah kami pulangkan ke derah masing-masing. Sisanya ada yang kami titipkan di BNP2TKI,” kata dia.Selain tiket keberangkatan 15 penumpang, polisi juga mengamankan paspor, ponsel dan sejumlah uang Rupiah.(red/di).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + fifteen =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top