KEPRI

Polda Ingatkan Penyedia Trasportasi Antar Pulau Sediakan Life Jacket

BATAM – Jajaran kepolisian Polda Kepri bersama Polairud mengingatkan pengusaha dan penyedia transportasi antar pulau agar selalu menyediakan life jacket bagi penumpang agar tidak terulang kembali peristiwa boat pancung tenggelam di Tanjung Pinang. Minggu(21/08/2016) lalu.

“Penyedia harus menyediakan life jacket bagi keselamatan penumpang dan jangan sampai over kapasitas penumpang,” Kata Kapolda Kepri melalui Kabid Humas AKBP Hartono. Selasa(23/08).

Kata Dia, keselamatan penumpang merupakan prioritas utama saat mengunakan transportasi laut dan penyedia maupun pemilik kapal harus melengkapi keselamatan ketiga beroperasi di laut.

Terutama penyedia transportasi mengunakan pompong, motor pancung maupun kapal kapasitas besar, agar peristiwa
tenggelamnya pompong di Pulau Penyengat, Tanjung Pinang tidak terulang kembali.

“Wajib pemilik atau penyedia tranportasi menyediakan life jacket serta alat nafigasi lainnya saat dilaut,” Tegasnya.

Ia mengatakan, bagi pengguna Moda Transportasi laut agar selalu memperhatikan kondisi kapal yang ditumpanginya dan peralatan keselamatan yang disediakan.

Dimana ada beberapa yang harus diperhatikan, Melengkapi dengan life jacket, demikian juga bagi para penyedia jasa angkutan laut (boatpancung dan sejenisnya) dihimbau untuk tetap memperhatikan masalah keselamatan dankeamanan serta kenyamanan penumpang.

Serta Perhatikan kelayakan sarana tersebut dan tidak memaksakan untuk mengangkut apabila melebihi kapasitas yang ada. Dan terakhir, Sebelum berlayar sebaiknya memantau perkiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) agar mengetahui kondisi cuaca demi keselamatan,” jelasnya.

Seperti diketahui, Said, pengemudi perahu pompong yang selamat itu membawa sebanyak 16 orang penumpang dari Tanjungpinang menuju Pulau Penyengat. Namun Sekitar tujuh menit perjalanan, mesin pompong mendadak mati, kemudian hidup lagi dan kapal perlahan-lahan tenggelam. Insiden itu menyebabkan 15 orang meninggal dunia. (red/di).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − two =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top