KEPRI

Polda Amankan Kapal Pompong Bawa Solar Ilegal

BATAM – Jajaran Direktorat Kriminal Khusus Polda Kepri amankan tiga kapal kayu yang diduga angkut solar ilegal di Kabupaten Karimun.

Pengamanan tiga kapal kayu bermuatan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar ilegal di Pesisir Baran Kangkung, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, dengan membawa solar sebanyak 56 ton.

Tiga kapal berbendera Indonesia, masing-masing KM Usaha Mandiri, KM Mustika Jaya III dan KM Mutiara, yang tengah bersandar dan tidak dapat menunjukkan dokumen resmi pengangkutan solar tersebut.

“Lebih kurang 56 ton BBM solar diamankan dari tiga kapal pompong berada di dalam tangki besi dan viber,” kata Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono, Kamis (4/8/2016).

Kata Dia, Hasil penyelidikan di TKP, tsebanyak 22 ton solar terdapat pada KM Usaha Mandiri, 6 ton solar pada KM Mustika Jaya III dan 28 ton pada KM Mutiara. Tiga orang anak buah kapal (ABK) yang diamankan masing-masing BI, MR,dan FI.

“Modus pembelian solar dilakukan dengan cara membeli dari kapal-kapal tugboat yang sedang lego jangkar di sekitar perairan Karimun, kemudian dijual kembali ke tugboat yang membutuhkan,” Ujarnya.

Ketiga saksi saat ini masih menjalani pemeriksaan oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Kepri. Sedangkan barang bukti tiga kapal bermuatan solar untuk sementara dititipkan di Sat Polair Tanjung Balai Karimun.‎,” Pungkasnya.(red/di).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 8 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top