BATAM

Pengusaha Reklamasi Batam Terancam di Pidanakan

BATAM – Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) Kota Batam mempidana salah seorang pengusaha, pelaku reklamasi. Bapedal meningkatkan status penyelidikannya menjadi penyidikan.

Tindakan tersebut diambil saat mengetahui pelaku reklamasi masih melakukan penimbunan di pantai Ocarina dan pantai Stres. Pelaku terancam dijerat dengan pasal perusakan lingkungan.

” Satu pengusaha reklamasi sudah dinaikkan statusnya menjadi penyidikan karena masih bandel,” kata Kepala Bapedal Batam ,Dendi Purnomo yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (14/7/2016).

Dendi mengaku sudah memeriksa Chy, pemilik lahan yang melakukan reklamasi itu. Bapedalda akan menjeratnya dengan UU perusakan lingkungan

” Penimbunan pantai Ocarina menggunakan tanah potong Baloi Kolam dan diduga tanpa izin dan statusnya naik menjadi penyidikan,” ujarnya.

Dari 14 perusahaan, hanya Ocarina di Batam Centre yang terus beroperasi serta bandel tidak menghiraukan intruksi walikota.

Sedangkan yang lainnya , sudah berhenti beroperasi dan dalam waktu dekat hal ini segera dilaporkan ke walikota hasil Tim 9. Selain itu, kata dia, pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan Ditkrimsus Polda Kepri dan saat ini bersinergi melakukan penyidikan.

“Saat ini Bapedal sudah bersinergi Krimsus Polda Kepri dalam kasus ini,” ujarnya.

Sedangkan untuk penimbunan pantai stres milik pengusaha JH, Bapedal sudah mengirimkan surat resmi pada tanggal 29 Juni 2016 , yang bunyinya segera menghentikan aktivitas reklamasi. Jika masih melakukan penimbunan akan ditingkatkan statusnya menjadi penyidikan.

“Sudah dua kali kami periksa dan kalau tidak segera dihentikan juga akan pidanakan perusakan lingkungan,” jelasnya.

Ia menambahkan, walaupun reklamasi pantai stres tidak termasuk dalam 14 perusahaan diproses, namun perlakuan sama dengan perusahaan pelaku reklamsi lainnya,”pungkasnya.(red/di)

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 1 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top