KEPRI

Pengawasan Pencari Suaka Asing Lemah di Batam

BATAM – Lebih 200 orang warga negara asing pencari suaka tinggal di Kolekta hotel Kecamatan Lubuk Baja . saban hari pencari suaka asal Afganistan, Sudan dan Somalia terlihat berkeliaran di Batam.

Sehingga berbuntut puluhan warga Afganistan menjadi pemuas seks bagi tante girang bahkan sesama jenis. hal ini terjadi akibat sangat minimnya pengawasan yang dilakukan pertugas Imigrasi klas 1 Batam dan International Organization for Migration (IOM).

“Imigrasi Batam sangat cuai dan lalai dalam pengawasan bagi ratusan pencari suaka, sehingga mereka bebas berkeliaran bahkan jadi pemuas nafsu tante girang di Batam,” Kata Aldi Braga yang merupakan Ketua LSM Garda Indonesia di Kolekta Hotel. Kamis(9/09/2016).

Kata Dia, dua ratusan jumlah mereka tinggal dihotel Kolekta, ironisnya pihak imigrasi dan IOM hanya mengontrol melalui buku absen yang dititipkan di resepsionis hotel.

Selain itu, lanjut Dia, berkeliarannya para pencari suaka ini ditempat keramaian menandakan petugas imigrasi tidak bekerja dan hanya makan gaji buta padahal mereka digaji negara dan uang negara dari rakyak.

“Selaruh personil Imigrasi sangat perlu dievaluasi kapan perlu copot sekalian kepala Imigrasinya,” pungkasnya.

Sementara itu, resepsionis Kolekta Hotel Hendri di lokasi mengatakan, Kalau sesuai aturan mereka harus kembali ke hotel jam enam sore, namun kami tidak berhak mengatur mereka.

Dan memang ada petugas pengawasan dari imigrasi, namun tidak setiap hari, begitu juga IOM dan setiap para pencari suaka hanya mengisi buku absen jika keluar dari hotel dan wajib kembali jam enam sore.

“Petugas imigrasi dan IOM tidak saban hari kemari, namun sebulan adalah empat kali,” Ujarnya.

Lemahnya pengawasan, Tambahnya, yang dilakukan oleh petugas Imigrasi, disinyalir menjadi kesempatan bagi para pencari suaka asal Afganistan dan Pakistan ini bertindak sesuka hati, hingga mau menekuni profesi pemuas nafsu tante girang.(red/di).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + 8 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top