HUKUM & POLITIK

Pengawasan Barang Ilegal Masuk Batam Lemah

BATAM – Masuknya barang sembako maupun elektronik ke Kepri Batam khususnya secara ilegal dipelabuhan resmi dan tikus akibat lemahnya pengawasan pihak Bea Cukai Batam.

Parahnya lagi barang-barang tersebut juga masuk pelabuhan resmi mengunakan kontainer dan anehnya selalu lolos yang diduga melakukan penipuan manifes barang bekerjasama dengan oknum Bea dan Cukai Batam.

“Parahnya penyeludup kontainer dipelabuhan ketimbang pelabuhan tikus yang diduga sudah terkoordinir,” kata H merupakan mantan pemain lama. Minggu(02/10/2016).

Kata Dia, rokok maupun sembako yang didatangkan dari luar melalui pelabuhan resmi seperti di Batu Ampar, itu sudah berlangsung lama atau mengunakan kapal ekspedisi bawa mikol maupun beras sudah biasa.

“Kalau aparat berwenang mau bongkar tentu mafia penyeludup akan berkurang,” ujarnya.

Semua barang ilegal masuk Batam sudah sistematis dan terkoordinir dengan baik termasuk melalui pelabuhan resmi yang sulit terpantau media.

Sementara itu, Kepala Bea dan Cukai Type B kota Batam Noegroho mengatakan, Saya komit bahkan salah seorang personil diketahui terlibat kami pecat baru-baru ini.

Kata Dia, personilnya yang terlibat sudah diserahkan terhadap kepolisian untuk diproses lebih lanjut karena mengeluarkan barang tampa izin.

Bea Cukai Batam, imbuhnya, terus melakukan penegahan masuknya barang tampa izin baik melalui resmi maupun ilegal dan itu sampai saat ini terus dilakukan. Hanya saja sesuai intruksi presiden lebih mengutamakan pembayaran pajak untuk pemasukan negara.

“Negara butuh uang makanya prosesnya bayar pajak, namun ada juga yang kami proses seperti mikol maupun rokok kepersidangan,” jelasnya.

Ia mengatakan, kami labih mengutamakan membayar Bea Masuknya sehingga masuk kekas negara dan itu sesuai intruksi presiden, namun ada juga yang kami sita dan dimusnahkan serta dapat dikroscek kegudang.

Yang tidak boleh itu mikol dan rokok, selain itu barang yang dilarang masuk dari S’pore dan Malaysia itu Narkoba, lingkungan hidup dan kesehatan, ” pungkasnya.(red).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + twelve =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top