EDUKASI

Pendidikan Politik Mampu Tingkatkan Partisipasi Serta Pemilih Cerdas

Peserta dan narasumber pose bersama di PKBM Sumber Ilmu, Sagulung, usai kegiatan pendidikan literasi politik./Dok.Foto.batmsatu.com

BATAM – Pendidikan politik sangat penting sebagai bekal pengetahuan dan wawasan politik bagi generasi muda. Literasi politik yang diberikan sejak dini kepada generasi muda, diyakini mampu meningkat partisipasi aktif masyarakat dalam praktik berdemokrasi. Yaitu menggunakan hak-hak politiknya sebagai warga negara.

Lalu siapa yang memiliki kewajiban dalam penyampaian pendidikan politik ini? Tentu bukan hanya pemerintah saja. Para stake holder sangat diperlukan peran sertanya untuk mewujudkan generasi yang melek terhadap politik.

Dalam memenuhi peran demikian, dosen Administrasi Negara dari Universitas Putera Batam (UPB), Ulima Harma, S.A.P., M.A.P, selenggarakan pendidikan politik bagi pemilih perempuan di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Sumber Ilmu, Sagulung Kota Batam.

Menurutnya, pendidikan politik perlu diberikan sejak dini sehingga kedepannya masyarakat dapat menjadi pemilih perempuan yang cerdas dengan cara berpartisipasi dalam kegiatan politik.

“Saya senang melihat antusias para warga belajar dalam mengikuti kegiatan ini. Meskipun masih banyak diantara mereka yang berusia kurang dari 16 tahun, tetapi kami yakin bahwa pendidikan politik perlu diberikan sejak dini,” tuturnya pada batamsatu.com, Rabu (20/2/2019).

Uli, panggilan akrabnya juga berharap agar pendidikan tersebut dapat dilakukan secara berkelanjutan. Sehingga semakin banyak generasi muda yang sadar dengan politik.

Selain itu, Muhammad Syafii, S.Sos., M.I.K, dosen Komunikasi Politik UPB menyampaikan tentang pentingnya pendidikan politik sejak dini adalah agar masyarakat mau terlibat secara aktif dalam perkembangan politik di Indonesia. Untuk itu pendidikan literasi politik sangat penting untuk diberikan kepada para generasi muda.

“Kegiatan ini diharapkan mampu mengajak para pemilih pemula untuk sadar akan pentingnya pendidikan politik secara dini melalui informasi-informasi yang beredar di media massa agar lebih siap untuk terlibat dalam perkembangan politik di Indonesia”, jelasnya.

Sementara itu, Hairul, pengelola PKBM Sumber Ilmu, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh para dosen dari UPB tentang pendidikan politik sejak dini tersebut.

Menurutnya, kegiatan yang melibatkan banyak masyarakat itu mampu menambah wawasan literasi politik bagi warga. Apalagi kegiatan tersebut dilakukan dua kali pertemuan, yaitu pada tanggal 3 dan 10 Februari 2019.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh rekan-rekan dosen dari UPB. Kegiatan ini menjadi salah satu program kebersamaan dimana PKBM sumber ilmu juga sedang giat mengadakan program literasi sebagai penambahan wawasan bagi masyarakat,” terang Hairul.

Gayung bersambut, Hairul juga memiliki harapan sama dengan para penyelenggara agar kegiatan tersebut dapat dilakukan secara berkelanjutan.

“Kami berharap kegiatan dari UPB ini dapat terus dilanjutkan agar terjalin pembelajaran sinergi antar lembaga. Dan tentu semuanya adalah untuk pengembangan pengetahuan dan wawasan masyarakat umumnya di kota batam,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

Penulis: SAB
Editor: Abidin

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + nineteen =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top