BATAM

Pemko Anggarkan Pembelian 8 Alat Berat Antisipasi Banjir di Batam

BATAM – Pemerintah kota Batam melalui dinas PU Kota Batam menganggarkan pembelian 8 unit alat berat guna antisipasi banjir dimusim hujan diwilayah Batam.

Hal ini dilakukan Pemko terkait adanya 36 titik daerah rawan banjir di Batam, dimana dari 36 titik tersebut , 8 merupakan daerah berpotensi banjir besar karena sempitnya drainase menuju laut.

“Dari 36 titik rawan banjir tersebut , delapan wilayah paling parah maka dari itu kami anggarkan melalui dinas PU pembelian 8 alat berat,” Kata Wakil walikota Batam Amsakar Ahmad yang ditemui beberapa hari lalu. Selasa(13/09/2016).

Kata dia, dari delapan titik tersebut dikategorikan posting penganggarannya sangat luar biasa melalui Pemerintah pusat karena melalui APBD saja tidaklah cukup,

Pasalnya sesuai komposisi dana yang dianggarkan dimana 20 persen untuk pendidikan, 30 persen untuk infrastruktur dan 10 untuk kesehatan maka anggaran untuk mengatasi banjir di Batam tidaklah memadai.

“Angka 30 persen dana tersebut tidaklah dapat mengcover 37 titik banjir tersebut ,” kata Amsakar.

Amsakar mengatakan, solusinya saat ini pihaknya mendapat tawaran Pemerintah kodya program Detail Engineering Disain (DED) dimana hari ini sudah diajukan terhadap Kementrian PU Pusat.

“Saat ini proses DED sedang berjalan yang didanai kementrian PU pusat remcanan pertengahan semester pertama 2017 dapat dijalankan,” jelasnya.

Sementara waktu alat berat ini nantinya akan melebarkan drainase agar air dapat mengalir sehingga mengurangi banjir.

Kalau tidak juga dapat mengatasi maka alat tersebut akan bekerja melebarkan drainase di Marina menuju laut .

Selain itu, untuk mengatasi banjir secara permanen sulit dilakukan karena Pemerintah Batam juga fokus terhadap pembenahan infrastruktur pelebaran jalan diseluruh kota Batam,” pungkasnya.(red/di).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 5 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top