BATAM

Negara ASEAN Sepakat Perangi Peredaran Narkoba

BATAM – Menghadapi ancaman peredaran narkoba melalui jalur laut makin marak, Negara yang tergabung dalan ASEAN sepakat memerangi peredaran narkoba melalui ASEAN Seaport Interdiction Task Force(ASEAN SITF).

Terbentuknya Tugas Interdiksi Pelabuhan Laut ASEAN(ASEAN SITF) diprakarsai negara Indonesia melalui BNN dan untuk merealisasikan tugas bersama saat ini sedang di bahas di Hotel Turi Beach, Nongsa.

Wacana kerjasama pemberantasan peredaran narkoba melalui jalur laut se-Asian ini sudah diwacanakan 36 tahun lalu melalui Asean Senior Official on Drug Matter(ASOD), namun baru terealisasi lima tahun terakhir.

Dimulai dengan pembentukan Asean Airport Interdiction Task Force (AAITF) yang dipelopori negara Thailand dan indonesia berhasil ASITF dan pertemuan pertama di Batam yang dibahas selama dua hari 20-21 juli 2016.

Kapala BNN, Komjen Budi Waseso mengatakan, pertemuan ini memiliki arti yang sangat penting karena wilayah Indonesia dalam kontek maritim, sehingga pelabuhan laut harus diperkuat.

Selain itu, peredaran narkoba melalui jalur laut lebih dominan sehingga lalu lintas narkoba akan makin berkembang dan terbuka.

“Peredaran narkoba melalui laut lebih dominan, sehingga dimanfaatkan bandar menyeludupkan narkoba dan diperlukan sinergi dengan negara Asean,” Kata Budi Weseso gelar konfren di hotel Turi Beach Nongsa. Rabu(20/07/2016).

Pembahasan berlangsung selama dua hari, Kata Dia, dalam pertemuan ini, Indonesia mengenalkan konsep dan juga mekanisme kegiatan Interdiksi secara konfrensif.

Dan dilengkapi dengan keberhasilan pengungkapan kasus, dengan harapan best fractices yang sudah berjalan dan membuahkan hasil, sehingga menjadi inspirasi bagi negara lain, ASEAN khususnya,” Jelasnya.

Ia menambahkan, terpilihnya Batam sebagai tempat pertemuan, juga tidak terlepas dari maraknya para bandar memanfaatkan pelabuhan tikus maupun resmi menyeludupkan narkoba,” Pungksanya.(red/di).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 5 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top