BATAM

Naposo Parna Batam Rayakan Natal Dengan Masyarakat Pinggiran Pulau

BATAM – Merayakan Natal bisa dilakukan dengan beragam cara dan di mana saja. Bukan saja dengan keluarga atau kolega, namun juga bisa dilakukan dengan cara berbagi dengan sesama.

Seperti yang dilakukan Naposo Parna misalnya. Komunitas orang muda Paguyuban Parna (Pomparan Raja Naiambaton) se-kota Batam ini memilih rayakan natal bersama masyarakat di daerah pinggiran atau hunterland.

Tak hanya menggear ibadah bersama, acara yang diadakan di pendopo pantai Zore itu juga disertai bakti sosial penyuluhan dan pengobatan gratis kepada masyarakat sekitar jembatan IV Barelang.

“Spirit natal kita refleksikan dan maknai dengan tindakan kongkrit berbagi kasih serta dapat dirasakan langsung oleh mereka yang membutuhkan,” ungkap Roy Chardo Sitanggang, koordinator acara, Minggu (16/12/2018).

Menurut Roy, acara yang mereka gagas merupakan bentuk upaya aktualisasi nawacita pemerintah yang memulai pembangun dari pinggiran.

“Naposo Parna se-kota Batam mencoba mengambil bagian kecil dari cita-cita tersebut,” ujarnya.

Tak hanya masyarakat krisriani, Roy menjelaskan bahwa perayaan Natal juga ditujukan pada masyarakat umum lainnya yang tinggal di daerah tersebut.

“Tindakan ini kita lakukan untuk merawat keberagaman sebagai bagian dari spirit KeIndonesiaan,” paparnya.

Jerianto Turnip, ketua BPH Naposo Parna se-kota Batam menyambut baik gagasan kegiatan tersebut. Ia berharap masyarakat hinterland dapat merasakan langsung mnfaat dari kehadiran naposo Parna di Kepri pada umumnya dan di kota Batam khususnya.

Sementara ketua panitia acara Nando Napitu, juga berharap agar karya-karya kecil seperti ini bisa menjadi mata rantai kebaikan bagi komunitas-komunitas paguyuban lainnya.

“Kita harus berani keluar dari zona nyaman kita dan mencoba berbuat sesuatu yang berdampak bagi orang banyak biarpun itu kecil, bukankah small is beautyfull,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa komunitas Naposo Parna adalah pelopor pertama yang pernah melakukan hal seperti ini dikota Batam dari sekian banyak komunitas paguyuban orang muda yang ada dikota ini.

Dan tindakan ini akan menjadi sejarah bagi kami komunitas Naposo Parna yang ada di Batam.

Sementara itu Vera yang menjadi pendamping masyarakat hinterland, sekaligus mewakili masyarakat pinggiran ini, juga sangat berterima kasih kepada seluruh stakeholder Naposo Parna.

Pasalnya masih ada anak-anak muda yang punya spirit luar biasa dan coba mengejewantahkan makna natal lewat tindakantindakan nyata. Meski secara sederhana namun sangat berdampak luar biasa.

“Semoga Tuhan senantiasa menyertai setiap perjalanan dan karya-karya luar biasa komunitas ini dihari-hari yang akan datang,” pungkasnya.

 

 

 

 

Penulis: Candra

Editor: Abidin

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 7 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top