BISNIS

Musim Penghujan, Harga Cabai Merah di Botania Merangkak Naik

Musim Penghujan, Harga Cabai Merah di Botania Merangkak Naik/foto : pgp

BATAM – Memasuki musim penghujan, kebutuhan Sembako seperti cabai merah dan bawang merah mulai bergerak naik di pasar Botania 1, kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota.

Pantauan lapangan, Senin (11/12/2017), harga cabai merah naik dari Rp30 ribu menjadi Rp50 ribu per kilogram, bawang merah naik dari Rp18 ribu menjadi Rp20 ribu per kilogram, sedangkan bawang putih turun dari Rp30 ribu menjadi Rp20 ribu per kilogram.

Menurut salah seorang pedagang sembako, penyebab kenaikan harga bahan pokok seperti cabai merah dan bawang merah karena pasokan dari pulau Jawa mulai tersendat, ditambah lagi banyaknya daerah penghasil cabai dan bawang yang sulit memasok ke luar daerah karena faktor cuaca.

“Cabai dan bawang bisa naik lagi sampai akhir desember, karena yang memasok cabai dan bawang sulit ke luar daerah, jadi harga naik,” katanya.

Ia mengatakan, kenaikan harga tersebut juga disebabkan faktor musim penghujan sehingga berimbas pada menurunnya pemasokan barang dari pulau Jawa.

Ia mengaku hingga saat ini pasokan cabai dan bawang di Pasar Botania 1 masih cukup, tetapi harga terpaksa naik.

“Saya berharap agar ada solusi dari pemerintah untuk menangani pasokan dari luar daerah, karena kendala pengiriman menjadi salah satu faktor kenaikan harga bahan pokok di pasar,” tutupnya.

 

 
Penulis : PGP
Editor : Rumbo

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + eight =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top