NASIONAL

Mensos Luncurkan Layanan E-Warung KUBE-PKH di Batam

BATAM – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meluncurkan Layanan e-Warung Kelompok Usaha Bersama (KUBE)-PKH (Program Keluarga Harapan) bertempat di kampung Bagan, Kecamatan Sei Beduk Batam. Sabtu(10/09/2016).

Batam merupakan kota ke18 dan yang menjadi lokasi ujicoba pertama di Kepulauan Riau penerapan bantuan sosial non-tunai dengan layanan e-Warung.

Mensos mengatakan program e-Warung KUBE PKH menerapkan pengelolaan keuangan secara digital dalam menyalurkan bantuan sosial non tunai, dirancang untuk menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari dengan harga murah bagi peserta PKH dan penerima manfaat Rastra, dan juga sebagai tempat pemasaran produk-produk KUBE dan hasil usaha peserta PKH, dan atau dari Bulog.

“Di Batam yang sering terjadi rastra, beras dibagi rata. Nantinya kalau sudah menggunakan layanan e-Warung tidak boleh lagi seperti itu. Lalu ada yg menerima raskin rusak, berkutu atau kecoklatan, dengan e-Warung dipastikan itu tidak akan ada lagi. Ibu-ibu bisa memilih sendiri jenis beras yang diinginkan,” ujar Mensos.

Selain untuk membeli beras, lanjut Khofifah, uang tersebut dapat dibelanjakan gula, minyak goreng, dan tepung.

“Kalau ada sisa, uangnya tidak hilang. Bisa menjadi tabungan ibu-ibu,” katanya.

Ia menambahkan, Diupayakan Batam punya 36 e-warung , namun secara menyeluruh mencapai 300 e-Warung pada 2016 dan Pada 2017 ditargetkan sebanyak 3.000 e-Warung dapat tersebar di seluruh Indonesia.(red/di).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − ten =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top