NASIONAL

Menpan RB Bahas Bersama BP Batam Singkronisasi Kewenangan

BATAM – Kepala BP Batam Hatanto Reksodipoetro beserta jajaran Eselon 1 BP Batam menghadiri undangan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur di ruang rapat Kementerian PANRB, di Jakarta.Senin(03/10/2016).

Dalam pertemuan itu, Menteri PANRB mendorong penyusunan rancangan peraturan pemerintah yang menjelaskan hubungan kerja, tata kelola serta bisnis proses BP Batam dan pemerintah kota.

Menurutnya dengan adanya BP Batam merupakan mesin penggerak untuk mendorong kemajuan perekonomian Batam.

kita tadi telah merumuskan pola tata kelola, tata kerja yang akan dilaksanakan di Batam khususnya masalah investasi, pelayanan publik, dan kemudian masalah internal masing-masing, Menpan RB Asman Abnur.

Ia berharap kedepan Batam tidak lagi mengelola lembaga atau pemerintahan secara konvensional dan harus mengacu pada pola-pola yang profesional, modern yang berbasis elektronik dalam mendukung pelayanan publik.

kedepan tidak ada lagi pintu satu dan pintu dua namun hanya satu pintu, pintu pelayanan publik untuk Batam yang di dalamnya sudah BP Batam dan Pemerintah kota, tegasnya.

Hatanto menjelaskan konsep program yang dijalankan dimasa kepemimpinannya sudah sejalan dengan apa yang diinginkan oleh Menteri PANRB yakni berbasis elektronik atau digital seperti pelayanan izin investasi 3 jam (i23j), infomasi elektronik data lahan dan pengelolaan sistem jasa kepelabuhan.

Menurut Hatanto, ada tiga alasan utama yang menyebabkan BP Batam merasa perlu untuk memperbaiki dan mereformasi tugas dan wewenang BP Batam.

Pertama, banyaknya investasi di Batam namun target Penerimaan Pajak Bukan Pajak (PNBP) belum optimal. Kedua, potensi Batam sebagai kawasan khusus strategis. Dan Ketiga adalah adanya sengketa wilayah di Laut China Selatan dimana Batam sebagai daerah pertahanan perbatasan.(red).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × five =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top