NASIONAL

Menkominfo RI Surati Facebook Soal Fitur Peretas View As

JAKARTA Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) RI menyurati pihak Facebook guna menjelaskan adanya dugaan fitur peretas di aplikasi sosial media tersebut. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk respon atas pemberitaan media online soal fitur facebook yang dapat meretas akun pengguna facebook.

Permintaan penjelasan tersebut disampaikan melalui Surat Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo RI No S-259/Kominfo/DJAI/AI.05.04/10/2018 tertanggal 1 Oktober 2018 yang ditujukan kepada Rubben Hatari, Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia.

Dalam rilis yang disampaikan, Ferdinandus Setu, Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo melalui WA grup, Senin (1/10/2018) malam, Menkominfo RI melalui Direktur Jenderal Aplikasi Informatika meminta penjelasan resmi Facebook Indonesia atas masalah keamanan pada fitur Facebook view as atau lihat sebagai. Pasalnya fitur ini disinyalir dapat berdampak pada tindakan peretasan token akses pengguna akun Facebook oleh peretas.

Tak hanya itu, dalam surat tersebut Kemkominfo RI dengan tegas meminta Facebook Indonesia menjelaskan langkah-langkah yang telah dilakukan dalam menghadapi masalah keamanan pada fitur Facebook.

Sebelumnya, berita tentang fitur Facebook yang berdampak pada peretasan akun pengguna Facebook ramai beredar di media online sejak 29 september 2018. Langkah Kemkominfo RI ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa lembaganya sangat concern pada isu keamanan fitur Facebook.

Hal itu mengingat banyaknya jumlah warga Indonesia yang tercatat sebagai pengguna aktif media sosial Facebook mencapai 115 juta orang. Sehingga perlindungan data pribadi warga negara Indonesia di internet adalah salah satu fokus perhatian Kementerian Kominfo.

 

Penulis : Abidin

Editor : Abidin

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + nine =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top