DAERAH

Kreatif, Siswa SMK di Sulsel “Sulap” Sepeda Motor Menjadi Genset

AMOKNEWS – Kreativitas pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) di Indonesia tidak diragukan lagi. Sudah banyak kreasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Seperti yang dilakukan Arwan, siswa jurusan teknik SMK Negeri 1 Belopa asal Luwu Raya ini.  Dia membuat genset pembangkit listrik dengan memanfaatkan sepeda motor.

“Hasil kreasi Arwan ini sudah dimanfaatkan sebagian penduduk di sana (Kabupaten Luwu Raya) saat mati lampu. Paling efektif juga digunakan petani saat berada di kebun hingga malam hari. Jadi petani tidak perlu repot membawa genset, cukup mengendarai sepeda motor genset ke kebun atau ke sawah. Bensinnya juga hemat,” jelas Dartono, guru pembina otomotif di SMK 1 Belopa, Kabupaten Luwu Raya yang hadir di pameran pelajar SMK se Sulsel yang diselenggarakan di Anjungan Pantai Losari, Minggu (16/10/2016).

Menurut Dartono, genset dari sepeda motor ini menghasilkan daya 500 watt.

Ide Arwan membuat mesin genset dari motor ini, karena kondisi wilayah utara Luwu yang sering mengalami pemadaman listrik.

“Sepeda motor genset ini memanfaatkan rangkaian  inverter dengan bantuan mesin sepeda motor. Pada bagian samping motor ditambahkan fasilitas berupa stop kontak untuk menghubungkan arus listrik,” ujarnya.

Kreasi siswa SMK Negeri 1 Belopa ini pun membuat takjub Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo yang mengunjungi pameran pelajar di Anjungan Pantai Losari yang diselenggarakan tiga hari berturut-turut sejak, Jumat (14/10/2016) hingga Minggu (16/10/2016).

“Wah luar biasa ini yah. Saya tidak menyangka siswa SMK bisa menciptakan sepeda motor jadi genset listrik,” kata Syahrul sambil menyalami Dartono di stand pameran siswa SMK 1 Belopa sambil berlalu meninjau stand siswa SMK dari Kabupaten/Kota Lainnya.

KOMPAS

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − 1 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top