BATAM

KPK Dorong Pemprov Kepri Benahi Layanan TKI

BATAM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendukung Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dalam upaya pembenahan layanan bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) secara komprehensif, khususnya dalam pembentukan Program Poros Sentra Layanan Pelatihan dan Pemberdayaan TKI Daerah Perbatasan.

Menurut Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, kegiatan ini diselenggarakan karena banyaknya praktik penyuapan, pemerasan, dan gratifikasi pada layanan TKI yang akan berangkat keluar negeri melalui Kepri.

Selain itu, bila mencermati statistik TKI di wilayah Kepulauan Riau juga memprihatinkan, seperti 177 pengaduan TKI yang terkait dengan klaim asuransi, meninggal, lari dari majikan, sakit, TKI tak sesuai prosedur, serta lebih dari 30 ribu orang terkena deportasi sepanjang 2014 hingga Juli 2016.

Kondisi tersebut sangat kontras dengan besarnya kontribusi para TKI yang kerap disebut sebagai Pahlawan Devisa terhadap perekonomian negara ini, tapi justru jadi obyek eksploitasi, intimidasi, dan penipuan, kata Basaria di lantai IV gedung Pemko Batam. Rabu(31/08/2016).

Ia mengatakan, kondisi tersebut sangat kontras dengan besarnya kontribusi TKI terhadap perekonomian negara dalam bentuk remitansi yang mencapai USD 9,4 miliar atau sekitar Rp 130 triliun data secara nasional 2015.

Dengan kondisi ini, KPK mendorong semua pemangku kepentingan untuk berkomitmen dan berupaya memperbaiki layanan TKI demi memberikan perlindungan bagi warga yang telah atau ingin menjadi TKI. Salah satu wujudnya, dengan melaksanaan rencana aksi yang sudah disepakati.

Basaria juga menyatakan bahwa substansi yang ingin dicapai dari program ini adalah penyediaan fasilitas layanan dokumen TKI dan pelatihan serta pemberdayaan kepada TKI secara terpadu, dimana layanan diberikan dalam satu lokasi termasuk fasilitas akomodasi disediakan negara.

Dari sini diharapkan akan mengurangi tingginya jumlah TKI tanpa dokumen yang bekerja di Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam (perkiraan >1,3 juta orang) yang rentan perlindungan hukum.” pungkasnya.(red/di).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + sixteen =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top