HUKUM & POLITIK

Ketua PN Batam : Saya sudah Bicara dengan Kajari

Terkait  Molornya Persidangan

BATAM – batamsatu.com : Ketua Pengadilan Negeri(PN) Batam, Aroziduhu Waruwu menegaskan bahwa molornya persidangan yang masih sering terjadi telah dikoordinasikan dengan pihak Kejaksaan.

“Kita sudah koordinasi dengan pak Kajari, mengenai pelaksanaan sidang tidak mungkin kita sendiri yang tetapkan,” ujar Aro, Kamis(10/9/2015) siang.

Aro juga mengaku belum mengetahui persis kendala yang terjadi di internal kejaksaan negeri batam untuk menghadirkan tahanan di persidangan.

“Persisnya saya belum ketemu dengan Kasi Pidum, tapi saya sudah bicara dengan pak Kajari. Tapi kan pelaksanaannya oleh Kasi Pidum..!!” tegasnya.

Menurutnya Majelis Hakim dan Panitera yang ada di Pengadilan Negeri Batam siap untuk menyidangkan perkara lebih cepat dari jadwal sidang yang selama ini sering dimulai diatas pukul 13.00 siang.

“Siap saja, kalau tidak siap kan bisa melapor ke saya. Sampai saat ini belum ada yang komplain soal Hakim yang tidak siap untuk bersidang,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya Ketua Pengadilan Negeri Batam, Aroziduhu Waruwu mengaku berkomitmen untuk membenahi jadwal persidangan di Pengadilan Negeri Batam yang selama ini sering molor karena baru dimulai pada siang hari.

“Kita usahakan sidang sejak pagi, kita akan koordinasi dengan Jaksa,” jelasnya.

Saat ini kata Aro, pihaknya telah menyiapkan sistem aplikasi online untuk memudahkan Jaksa, Panitera, Hakim dan para pihak yang berperkara untuk mengetahui jadwal sidang setiap hari.

“Kita sedang siapkan aplikasinya, mudah-mudahan secepatnya sudah bisa digunakan,” jelasnya.

Menurutnya dengan sistem aplikasi online tersebut, nantinya akan dipasang layar di ruang lobby Pengadilan Negeri Batam untuk menampilkan jadwal sidang per hari.

“Jaksa dan para pihak yang berperkara harus lapor ke petugas piket. Dari petugas piket nantinya langsung online ke panitera dan hakim. Diruangan panitera dan hakim nanti akan dipasang monitor,” terangnya.

Selain itu Aro juga mengaku akan mengoptimalkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara(SIPP) yang ada, untuk memberikan transparansi kepada masyarakat terkait perkara yang sedang ditangani Pengadilan Negeri Batam.

“Kita selalu ingatkan panitera untuk memasukkan setiap perkara kedalam sistem,” jelasnya.

Aro juga mengaku akan mengecek setiap perkara yang sedang ditangani di Pengadilan Negeri Batam. “Saya sudah tugaskan pegawai untuk mengecek setiap perkara yang sedang ditangani,”pungkasnya.(red/rd)

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 4 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top