NASIONAL

Kejahatan Seksual Dominasi Kejahatan pada Anak

ilustrasi kekerasan terhadap anak/foto : Istimewa

JAKARTA – Tidak salah bila Indonesia disebut negara darurat kejahatan seksual. Faktanya, dari 21 juta kejahatan yang terjadi pada anak Indonesia, sebanyak 58% merupakan kejahatan seksual.

Sejak 2013, saya sudah mengatakan bahwa fakta dan kondisinya, kajahatan pada anak 58% didominasi oleh kejahatan seksual. Itu angka yang menakutkan, kata Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait dalam seminar Cegah Tindak Kekerasan pada Anak yang digelar Pacific Place Jakarta di Jakarta.

Tak cuma sebuah angka yang menakutkan, menurut Arist, angka itu juga menunjukkan betapa di Indonesia telah terjadi sebuah kejahatan moralitas.

Bahwa bangsa yang menjunjung moralitas, religi, adat dan istiadat, tapi ternyata banyak yang menciderai hak anak-anak. Dalam perspektif agama dan hukum, ini adalah kajahatan luar biasa yang tidak bisa ditoletansi, tegas Arist.

Mirisnya, lanjut Arist, kejahatan seksual pada anak tidak hanya dilakukan individu. Kejahatan seksual pada anak juga dilakukan secara bergerombol, contohnya pada kasus perkosaan siswa bernama Yuyun di Bengkulu. Biasanya,kejahatan seksual bergerombol terjadi di negara yang sedang berkonflik. Ini kok terjadi di negara yang damai, miris Arist.

Arist pun meminta agar masyarakat bergotong-royong memutus mata rantai kejahatan seksual. Diantaranya adalah memberikan perlindungan anak di tingkat rumah, sekolah, desa, hingga kota. Kalau itu tidak dilakukan, Indonesia akan diisi oleh generasi yang rusak, kata Arist.

Memutus mata rantai kejahatan seksual juga didukung penuh oleh Mal Pacific Place Jakarta. Risiko terjadi kejahatan seksual bisa terjadi di mana saja, mulai dari rumah hingga ruang public, karena itu kami mengedukasi para orang tua dan guru-guru Paud untuk sama-sama memutus mata rantai kejahatan seksual, salah satunya dengan meningkatkan pengawasan kepada anak-anak, kata Ishak A Muin, VP Operation Support Service Pacific Place Jakarta.
Editor : Roni

Sumber : Beritasatu.com

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 8 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top