Peristiwa

Kapal Tanker Tabrakan dengan Kapal Keruk di Selat Singapura, Lima ABK Hilang

Kapal Tanker tabrakan dengan kapal keruk di selat singapura (Foto : istimewa)

BATAM – Mission Coordinator (SMC) Kepala Kantor SAR Tanjung Pinang Djunaidi mengatakan, tim gabungan masih terus melakukan pencarian korban tabrakan Kapal MT Kartika Segara berbendera Indonesia dengan kapal JBB De Rong berbendera Dominika yang nyaris tenggelam di perbatasan perairan laut Selat Singapura dan Indonesia.

“Jarak tempuh pencarian korban kecelakaan laka laut tersebut, 6 mil dari perairan Batam atau berjarak tempuk kurang lebih 47 menit dengan menggunakan kapal speed,” ujarnya, Rabu(13/9).

Ia menjelaskan kronologis kejadian tabrakan yang menimpa kedua kapal tersebut yaitu pada pukul pukul 00.48 LT,di pos koordinat 01 11.12N-103 49.50E atau 1.9 NM Tenggara P. Sebarok Selat Singapura atau 3000 yds dari batas wilayah Indonesia-Singapura.

“Dari anggota Basarnas Tanjung Pinang sendiri sebanyak 20 orang personil kita libatkan dalam pencarian bersama tim dari Singapura dan KRI (Lanal Batam), alhamdulilah hari ini cuaca cukup mendukung dalam pencarian korban,” ucapnya.

Ia menegaskan, dua kapal naas tersebut saat ini sudah di tarik dan di kandaskan di Pulau Senang Singapura, sedangkan lima korban yang dinyatakan hilang adalah satu warga Negara Malaysia dan 4 warga China.

“Kami sedang melakukan pencarian, posisi kapal kami berada di TKP kurang lebih enam mil dari pulau Batam,” ucapnya.

Dikatakan bahwa tabrakan tersebut mengakibatkan kapal tanker yang memuat minyak tumpah ke laut dan mengalami kebocoran sehingga kapal dalam posisi terbalik.

“Saat ini kedua kapal tersebut sudah di tarik di The East Region of Singapore, korban secara keseluruhan ada sebanyak 12 orang dan 7 orang di selamatkan oleh petugas Coast Guard Singapore. Lima orang korban yang terdiri dari 4 WN China dan 1 WN Malaysia masih dalam proses pencarian,” lanjutnya.

Proses selanjutnya kata dia, tim sar akan terus melakukan pencarian hingga satu minggu kedepan.

 

 

Penulis : Ika

Editor : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + nine =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top