BISNIS

Kanpel Batam Sosialisasikan Sistem Online Terhadap Pengusaha Jasa

BATAM – Kantor Pelayanan Pelabuhan(kanpel) Batam sosialisasikan sistem Host To Host berbasis online Pembayaran Jasa Kepelabuhanan terhadap pengusaha jasa di Ruang Conference Hall Lantai 3 Gedung IT BP Batam .

Sosialisasi pembayaran segala dokumen di bidang jasa melalui sistem online sesuai Peraturan Kepala(Perka) BP Batam no 10 tahun 2016 yang dihadiri 100 peserta‎ dari para pengusaha dan agen pengguna jasa kepelabuhanan Batam pada Kamis, (8/9/2016).‎

“Ini merupakan terobosan terbaru lagi, pengurusan dokumen serta pembayarannya melui Host to Host dilakukan BP Batam yang diperkuat Perka,” Kata Staff Khususu anggota 3 BP Batam, Nasrul.

Nasrul menjelaskan, sistem host to host merupakan sebuah sistem yang diterapkan BP Batam yang menghubungkan server penyedia jasa dengan server bank untuk menunjang segala mekanisme di lapangan.

Sistem ini berlaku untuk pembayaran kegiatan jasa kepelabuhanan oleh BP Batam yang dilakukan pada pelabuhan umum dan non umum.

BP Batam mencoba membuat sebuah sistem digital untuk meminimalisir kemungkinan terjadi potensial lost dan pelayanan secara tatap muka yang sebelumnya manual, disamping itu ini kita buat se dinamis mungkin dan sistem lebih transparan dalam pelaksanaanya, Kata Dia.

‎Kata Dia, peraturan ini para pengguna jasa terlebih dahulu melakukan registrasi untuk memperoleh penyataan umum kapal (PUK).

Kemudian harus menyetorkan dana sebagai deposit sebesar 125% dari nilai estimasi biaya yang disetorkan pada pihak bank yang ditunjuk penyedia jasa dengan menggunakan rekening atas nama pengguna jasa.

Lanjut, BP Batam sebagai penyedia jasa menyediakan jasa kepelabuhan meliputi jasa kapal, jasa barang, jasa alat dan jasa penunjang kepelabuhan,” ujarnya.

Amura, anggota INSA Batam salah satu peserta mengatakan sistem host to host adalah langkah yang sangat baik bagi BP Batam dan pengguna jasa dalam memperlancar transaksi.

Menurutnya, dengan pembaruan dari system sebelumnya secara manual menjadi digital atau online akan mempercepat efisiensi waktu transaksi dan lebih transparan dalam segala administrasinya.

saya berharap sosialisasi ini tidak berhenti sampai di sini karena kami melihat antusias para agen kapal dan pengusaha sangat besar untuk mengetahui Perka itu, pungkasnya.(red/di).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − one =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top