KEPRI

Kabid Disduk Batam Diamankan Polisi

BATAM – Tim Operasi Pemberantasan Pungli Polda Kepri Ungkap praktek dugaan pungli di Dinas Kependudukan Kota Batam dipimpin AKBP Yos Guntur. Senin(17/10) sore.

Informasi lapangan Tim OPP diduga melakukan penggerebekan diruang Kabid Disduk Capil Jamaris yang lebih dikenal Boy dan berhasil mengamankan uang hasil jutaan rupiah, dolar dan ringgit Malaysia.

Ruang Kabid tersebut merupakan tempat pengurusan Akte, KTP dan Akte Nikah dan selama ini disinyalir merupakan tempat calo bersosialisasi mengurus keperluan akte maupun KTP bagi TKI Ilegal.

Penggrebekan oleh Yos Guntur sebagai Kepala TIM Survellance Satgas Merah Putih bersama 7 anggotanya menggeledah lemari, Brangkas, dan rak diruang sudut kantor utama di sekupang.

“Dibawa termasuk pak Jumaris, Irwanto alias iwan dan Ibu Nasibah petugas disana,” Kata Daeng Indara.

Peristiwa kejadian sudah terlihat tim tersebut berbaur dengan warga melakukan pengurusan administrasi dan sekitar pukul 16.00 WIB melakukan penindakan,” jelasnya.

Sementara itu, AKBP Yos Guntur mengatakan bahwa pejabat tersebut diduga melakukan pungli dan berhasil diamankan barang bukti berupa uang jutaan, ringgit dan dolar serta dokumen lainnya.

“Totalnya belum dihitung,” kata Yos Guntur. Tampak di meja, jumlah uang cash sekitar Rp 5 juta.

Pejabat setingkat kepala bidang diamankan. Turut diamankan staf kantor tersebut. “Ada 3 orang (yang diamankan). Tiga potensi tersangka,” ungkap Yos.

Yos menambahkan, uang yang disita diduga kuat merupakan pungli pengurusan KTP, akte kelahiran, akte kematian, dan catatan pernikahan. Belum diketahui sejak kapan pungli dilakukan dan berapa nominal tiap pengurusan KTP.

“Padahal pengurusan itu seharusnya gratis,” tutur Yos.

Sedangkan menurut salah seorang pejabat Kadis lainnya berinisial RS mengatakan, bahwa peristiwa operasi ini sudah diperingatkan pak walikota Batam Rudi SE usai apel rutin pagi tadi.

Ada tiga dinas yang diperingatkan karena bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti, Dinas Perhubungan Batam, Badan BPM Batam dan Dinas Disdukcapil Batam.

“Pak wali sudah ingatkan bahwa jangan sampai tertangkap tangan melakukan pungli,” ujarnya.

Kata Dia, kegiatan pungli ditiga dinas tersebut sudah sangat senter dibicarakan masyarakat dan sering walikota mendapat laporan adanya pungli terhadap masyarakat, namun seperti para PNS termasuk pejabat disana tidak menghiraukan.

“Ini sudah menjadi atensi walikota yang juga akan melakukan pembersihan terhadap pungli didinas masing-masing,” pungkasnya.(red).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top